Abstract:
Dila Rozalina. Nim. 1830108023 (2022). Judul Skripsi: “Pengaruh Bimbingan Kelompok Pendekatan Muhasabah terhadap Integritas Diri Siswa di SMP N 3 Tanjung Raya”. Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar. Pokok permasalahan dalam SKRIPSI ini adalah rendahnya integritas diri siswa di SMP Negeri 3 Tanjung Raya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bimbingan kelompok pendekatan muhasabah terhadap integritas diri siswa di SMP Negeri 3 Tanjung Raya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperiment design dengan desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design, yang mana dengan mengukur integritas diri siswa kelompok eksperimen dengan menggunakan instrumen yang sama pada pengukuran pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik non-tes dengan menggunakan skala integritas diri. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII sebanyak 44 orang siswa dan sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII sebanyak 15 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi awal integritas diri siswa berada pada kategori rendah atau tergolong jenis integritas diri negatif, karna berdasarkan hasil angket penelitian diketahui terdapat 7 orang siswa yang memiliki integritas diri pada kategori rendah, 12 orang pada kategori sedang, 9 orang pada kategori tinggi dan 2 orang siswa pada kategori sangat tinggi. Dari keempat kategori tersebut, peneliti mengambil sampel sebanyak 15 orang yang terdiri dari 7 orang siswa integritas diri rendah, 5 orang siswa integritas diri sedang dan 3 orang siswa integritas diri tinggi. Hal ini dilakukan agar terciptanya dinamika kelompok sehingga tujuan bimbingan kelompok pendekatan muhasabah dapat tercapai yaitu untuk meningkatkan integritas diri siswa. Dengan adanya pelaksanaan bimbingan kelompok pendekatan muhasabah diperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan integritas diri yang semula berada pada kategori rendah (negatif) menjadi siswa yang memiliki integritas diri pada kategori sedang dan tinggi (positif). Sehingga berdasarkan hal tersebut, diketahui bahwa bimbingan kelompok pendekatan muhasabah berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan integritas diri siswa di SMP Negeri 3 Tanjung Raya.