Abstract:
Hadinda Putri, NIM, 1830108032, judul skripsi: Kesiapan Belajar Anak Manja Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka di MTsN 4 Solok. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Bimbingan dan Konseling, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar. Masalah dalam penelitian ini adalah terdapat kurangnya kesiapan belajar anak manja menghadapi Pembelajaran Tatap Muka di MTsN 4 Solok. Adapun anak manja yang peneliti maksud disini yaitu anak yang selalu diberi perhatian berlebih oleh orang tuanya ketika sekolah daring dan akibatnya anak menjadi manja seperti, anak masih dibuatkan pekerjaan rumah oleh orang tua, anak masih ditemani belajar oleh orang tua, anak masih harus dicekkan Prnya, orang tua masih menghambat kemandirian anak, dan anak belum mencapai tugas perkembangan sebagai remaja awal karena segala aktivitas kebanyakan masih bergantung pada orang tua sehingga berpengaruh pada kesiapan belajar saat menghadapi PTM. Tujuan dalam penelitian adalah untuk melihat bagaimana kesiapan belajar anak manja di MTsN 4 Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah siswa yang dikategorikan anak manja (Spoiled Children) di MTsN 4 Solok berjumlah 2 orang dengan data sekundernya orang tua anak manja, walas, guru BK. Adapun jumlah informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesiapan belajar anak manja menghadapi PTM di MTsN 4 Solok dari segi kesiapan psikis masih belum siap karena anak manja masih bergantung kepada orang tua dalam kesiapan belajar sehingga anak masih minta tolong dibuatkan pekerjaan rumah, minta ditemani dalam belajar, sulit mengontrol emosi dalam belajar, dan dari segi kesiapan materil anak manja sudah siap menghadapi PTM karena sudah memiliki alat tulis dan buku yang lengkap, hanya saja orang tua masih membantu anak manja dalam membelikan peralatan belajar.