Abstract:
ABSTRAK Tazkia Febrina, NIM, BK 1830108079 judul skripsi “Keterampilan Sosial pada Remaja Panti Asuhan Aisyiyah Putri Batusangkar”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana gambaran keterampilan sosial remaja panti asuhan Aisyiyah Putri Batusangkar berdasarkan latar belakang kepribadian, sosial, dan daerah asal yang beragam antara satu remaja dan remaja lainnya. Selain itu, remaja yang tinggal di bawah naungan panti asuhan tentu memiliki perbedaan dari berbagai aspek jika dibandingkan dengan remaja yang tinggal dengan keluarganya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja panti asuhan Aisyiyah Putri Batusangkar berjumlah 20 orang. Sampel penelitian berjumlah 20 orang, dikarenakan peneliti menggunakan metode total sampling. Peneliti menggunakan skala likert untuk memperoleh data keterampilan sosial pada remaja panti asuhan Aisyiyah Putri Batusangkar. Teknik analisis data menggunakan pengkategorian dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; sebagian besar keterampilan sosial remaja Panti Asuhan Aisyiyah Putri Batusangkar tergolong tinggi dengan keterangan, terdapat 15 orang (75%) yang masuk dalam kategori “Tinggi” dan 5 orang (25%) masuk dalam kategori sedang. Dari capaian hasil keterampilan sosial, tidak ditemukan responden yang masuk dalam kategori sangat tinggi (0%), rendah (0%) dan sangat rendah (0%). Sedangkan capaian keterampilan sosial per indikator menunjukkan bahwa; 1) Hubungan dengan teman sebaya (Peer Relationship) berada pada kategori Tinggi (50%), 2) Manajemen diri (Self-Management) berada pada kategori sangat tinggi (60%), 3) Kemampuan akademik (Academic) berada pada kategori sedang (55%), 4) Kepatuhan (Complience) berada pada kategori sangat tinggi (65%), dan 5) Perilaku Asertif (Assertivation) berada pada kategori tinggi (55%).