Abstract:
Shella Lorenza, Nim 1830108073, Judul Skripsi “Dampak Media Sosial Tiktok Terhadap Prilaku Konsumtif (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Bimbingan Dan Konseling UIN Mahmud Yunus Batusangkar)”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah prilaku konsumtif seperti membeli barang tanpa perencanaan, membeli barang hanya demi kesenangan sehingga menjadi pribadi yang boros. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bahwa media sosial TikTok berdampak terhadap prilaku konsumtif mahasiswa jurusan bimbingan dan konseling UIN Mahmud Yunus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer pada penelitian ini adalah mahasiswa jurusan bimbingan dan konseling yang berjumlah lima orang dan data sekundernya yaitu satu orang tua dan lima orang teman mahasiswa. Teknik analisis data dan interprestasi data adalah reduksi data, display data, kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan di lapangan dapat ditemui bahwa: a) Gambaran prilaku konsumtif pada mahasiswa yaitu hanya membeli barang mengutamakan keinginan dari pada kebutuhan; b) Dampak positif media sosial TikTok dijadikan sebagai media hiburan bagi mahasiswa bimbingan dan konseling; c) Dampak negatif prilaku konsumtif pada mahasiswa bimbingan dan konseling seperti mudahnya tergiur barang yang murah dan boros.