Abstract:
LOLLY AFVIONITA. NIM, BK 15 300 800 044 judul Skripsi “Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kinerja Guru BK dengan Kepercayaan Diri Melakukan Konseling Individual di SMAN 1 Padang Ganting”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus(UIN) Batusangkar. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah siswa yang melakukan konseling individual harus dipanggil guru BK terlebih dahulu. Siswa beranggapan bahwa pekerjaan guru BK hanya untuk mengurusi siswa yang bermasalah, Kesalahan persepsi tentang guru BK, Siswa merasa masuk ke ruangan BK adalah siswa yang bermasalah, dan siswa yang memiliki masalah memilih untuk tidak mengikuti konseling individual karena kurang percaya pada guru BK. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang kinerja guru BK dengan kepercayaan diri melakukan konseling individual di SMAN 1 Padang Ganting. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Pada penelitian ini peneliti memakai analisis data korelasional Product Moment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 121 orang siswa dan yang terdiri dari 5 lokal. Sampel penelitian berjumlah 51 orang siswa. Penulis menggunakan skala Likert untuk memperoleh data yang dibutuhkan tentang Persepsi Siswa dan Kepercayaan Diri. Hasil penelitian diketahui bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara Persepsi Siswa Tentang Kinerja guru BK dengan Kepercayaan Diri Melakukan Konseling Individual di SMAN 1 Padang Ganting. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji korelasi bahwa r hitung lebih besar dari r tabel pada signifikan 5% yaitu 0,767>0,273, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nihil (H0) ditolak. Hal ini berarti persepsi siswa tentang kinerja guru BK berhubungan secara signifikan dengan kepercayaan diri melakukan konseling individual.