Abstract:
Sulaiman Abdul Karim Elvag, 2022, NIM, 1730103075, judul skripsi: Prokrastinasi Akademik Pada Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 2 Sungai Tarab. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Batusangkar, Batusangkar, dengan jumlah halaman skripsi 83 lembar Masalah pokok dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMA Negeri 2 Sungai Tarab mengalami prokrastinasi akademik saat pembelajaran daring maupun pada saat pembelajaran tatap muka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat prokrastinasi akademik peserta didik di SMA Negeri 2 Sungai Tarab dan untuk membandingkan prokrastinasi akademik saat pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian dengan metode kuantitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui penyebaran angket. Populasi dalam dalam penelitian ini adalah peserta didik dari masing-masing kelas XI dengan sampel total keseluruhan peserta didik itu sendiri yang terdiri dari 63 peserta didik. Dari penelitian yang penulis lakukan di lapangan dengan responden 63 orang peserta didik. dapat disimpulkan bahwa klasifikasi prokratisnasi akademik peserta didik kelas XI di SMA Negeri 2 Sungai sebagian dari peserta didik yang mengalami prokrastinasi akademik berada pada klasifikasi tinggi, serta sedikit sekali yang berada pada klasifikasi sedang, kemudian sedikit peserta didik yang mengalami klasifikasi rendah dan sedikit sekali peserta didik berada pada klasifikasi sangat rendah. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa tingkat prokrastinasi saat pembelajaran daring sedikit dari peserta didik yang mengalami prokrastinasi akademik saat pembelajaran daring yang berada pada klasifikasi sangat tinggi, sedikit berada pada klasifikasi tinggi, serta sedikit dari peserta didik berada pada klasifikasi sedang. kemudian sedikit sekali dari peserta didik yang mengalami prokrastinasi akademik pada klasifikasi rendah dan sangat rendah. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa tingkat prokrastinasi saat pembelajaran tatap muka sedikit dari peserta didik yang mengalami prokrastinasi akademik pada pembelajaran tatap muka berada pada klasifikasi sangat tinggi, sedikit peserta didik yang berada pada klasifikasi tinggi, serta sedikit dari peserta didik berada pada klasifikasi sedang. kemudian sedikit sekali dari peserta didik yang mengalami prokrastinasi akademik pada klasifikasi rendah dan sangat rendah. Dan hasil penelitian juga menunjukan bahwa skor prokrastinasi akademik saat pembelajaran daring lebih tinggi 12% dibandingkan dengan pada saat pembelajaran tatap muka.