Abstract:
Anicha Kardifa, NIM, 15300800007, judul skripsi: Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Asertif Dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X Di Sman 1 Rambatan. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas X di SMAN 1 Rambatan melalui konseling kelompok teknik asertif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok teknik aserif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas X di SMAN1 Rambatan. . Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian dengan metode kuantitatif yang bersifat eksperimen. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui penyebaran angket. Populasi dalam dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Rambatan dengan sampel 10 orang siswa yang mengikuti konseling kelompok dari populasi kelas X IPS yang terdiri dari 36 orang siswa. Dari penelitian yang penulis lakukan di lapangan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor komunikasi interpersonal siswa sebelum dan sesudah pemberian layanan konseling kelompok teknik asertif. didapatkan nilai sig. yaitu 0.000 0.05, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan arti kata lain, pemberian layanan konseling kelompok teknik asertif bagi siswa kelas X SMAN 1 Rambatan berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan komunikasi interpersonal siswa. Dengan demikian pemberian layanan konseling kelompok teknik asertif bagi siswa kelas X SMAN 1Rambatan berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan komunikasi interpersonal siswa.