Abstract:
ERNAWATI PUTRI, NIM 1830104014, judul skripsi “COPING STRATEGIES MADE BY JUNIOR HIGH SCHOOL ENGLISH TEACHERS IN DEALING WITH PROBLEMS OF ONLINE LEARNING DURING COVID-19 PANDEMIC”, Jurusan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar. Permasalahan penelitian ini adalah belum terungkapnya permasalahan yang di hadapi dan strategi coping yang di gunakan oleh guru bahasa Inggris SMP untuk mengatasi permasalahan saat pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan permasalahan yang di hadapi dan untuk mendeskripsikan strategi coping yang di gunakan oleh guru bahasa Inggris SMP untuk mengatasi permasalahan saat pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Informan dari penelitian ini berjumlah 5 orang guru bahasa Inggris SMP yang mengalami permasalahan saat pembelajaran daring selama covid-19 pandemi. Untuk menentukan informan yang mengalami permasalahan saat pembelajaran daring selama covid-19 pandemi dilakukan wawancara singkat. Informan penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria guru bahasa Inggris SMP yang mengalami permasalahan saat pembelajaran daring selama covid-19 pandemi. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri. Dalam penelitian ini, peneliti berpedoman kepada pedoman wawancara. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dibantu dengan alat pendukung lainnya seperti alat perekam suara dan kamera. Untuk menguji keabsahan data triangulasi digunakan. Analisis data mengacu pada teori (Miles & Huberman, 1994) yang meliputi reduksi data, penyajian data serta verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa permasalahan yang di hadapi oleh guru bahasa Inggris SMP dan ada beberapa strategi coping yang di gunakan guru bahasa Inggris untuk mengatasi permasalahan tersebut. Permasalahan guru bahasa Inggris di SMP Batipuh sebagai berikut, yaitu: 1) Guru kesulitan dalam memeriksa pemahaman siswa. 2) Guru kurang paham dalam penggunaan aplikasi Zoom Meeting dan Google Classroom. 3) Guru kesulitan dalam mengontrol kelas selama online learning. 4) Guru kesulitan dalam menilai tugas siswa dan hasil ujian siswa di karenakan guru tidak tahu apakah siswa itu membuat tugas atau ujian sendiri ataukah di bantu orang lain. 5) Guru kesulitan dalam mengumpulkan tugas siswa. Berdasarkan permasalahan di atas, guru bahasa Inggris SMP di Batipuh menerapkan strategi problem-focused coping atau coping yang berfokus pada masalah. Strateginya adalah 1) problem solving (penyelesaian masalah), 2) social support seeking (mencari dukungan sosial). Bentuk problem-solving yang digunakan adalah 1) Memvariasikan penyampaian materi menggunakan pesan suara atau voice note. 2) Memvariasikan penyampaian materi menggunakan video pembelajaran. 3) Menggunakan WhatsApp application. 4) Memberikan tes lisan kepada siswa. Bentuk social support seeking yang di gunakan adalah memberikan pesan pribadi melalui WhatsApp kepada siswa yang bersangkutan. Dari semua strategi tersebut, problem-focused coping strategies adalah jenis coping strategies yang banyak di gunakan untuk mengatasi masalah oleh guru bahasa Inggris SMP sederajat di Batipuh.