Publikasi IAIN Batusangkar

Pengembangan E-modul Berbasis Pendekatan SETS Terkoneksi Al-Qur'an pada Materi Kinematika Gerak Kelas X SMAN 11 Mukomuko

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author RINI WULANDARI
dc.date.accessioned 2022-09-14T01:48:35Z
dc.date.available 2022-09-14T01:48:35Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-08-23
dc.identifier.isbn NIM:1730107018
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200986
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/Lb5w9RnyCXXyRUSRHBTRcdce7g0rbY.pdf
dc.description.abstract ABSTRAK RINI WULANDARI NIM 1730107018. Judul Skripsi: “PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PENDEKATAN SETS TERKONEKSI AL-QUR’AN PADA MATERI KINEMATIKA GERAK KELAS X SMAN 11 MUKOMUKO”. Jurusan Tadris Fisika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pembelajaran fisika di SMAN 11 Mukomuko. Dimana siswa belajar dari buku ajar berbasis KTSP 2006 dan sekolah telah menerapkan kurikulum 2013 revisi 2016. Siswa sering ditugaskan dengan mencatat materi yang membuat siswa tidak bersemangat dan tidak aktif dalam proses pembelajaran fisika. Sedangkan pendidik masih menggunakan media papan tulis dan metode ceramah pada saat menjelaskan materi. E-modul berbasis pendekatan SETS terkoneksi al-Qur’an diharapkan bisa memberikan hal baru dalam proses belajar mengajar di kelas dan siswa dapat belajar sejara mandiri bahkan di rumah dengan teknologi yang didukung oleh media yang dianalisis menggunakan aplikasi flipbuilder. Hal ini yang mendasari pentingnya untuk mengembangkan e-modul berbasis pendekatan SETS terkoneksi al-Qur’an sebagai media pelajaran yang akan meningkatkan minat siswa supaya tertarik dengan pelajaran fisika dan juga e-modul ini terkoneksi al-Qur’an dengan tujuan menyeimbangkan antara pengetahuan intelektual dan spiritual siswa dalam pembelajaran fisika. Model pengembangan yang peneliti gunakan yaitu pengembangan 4-D (define, design, develop dan disseminate). Penelitian yang dilakukan peneliti hanya sampai pada tahap develop, dikarenakan keterbatasan waktu. Pada penelitian ini peneliti menggunakan instrument validasi yang terdiri dari 2 orang dosen dan 2 orang guru fisika. Instrumen praktikalitas berupa angket respon pendidik dan siswa yang diuji cobakan pada 18 orang siswa dan 2 orang pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi e-modul berbasis pendekatan SETS terkoneksi al-Qur’an pada materi kinematika gerak valid dan praktis. E-modul berbasis pendekatan SETS memperoleh hasil validasi dengan persentase 89.06% dengan kriteria sangat valid. Pada tahap praktikalitas e-modul berbasis SETS ini tergolong sangat praktis dengan persentase 82.29% dari angket respon guru, sedangkan dari angket respon peserta didik memperoleh persentase 87,62% dikategorikan sangat praktis. Hal ini bisa disimpulkan bahwa pengembangan e-modul berbasis pendekatan SETS terkoneksi al-Qur’an pada materi kinematika gerak kelas X IPA SMAN 11 Mukomuko telah valid dan praktis.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher UIN Mahmud Yunus Batusangkar
dc.subject Fisika- Pendidikan
dc.subject.ddc 530.07
dc.subject.ddc 530.07
dc.title Pengembangan E-modul Berbasis Pendekatan SETS Terkoneksi Al-Qur'an pada Materi Kinematika Gerak Kelas X SMAN 11 Mukomuko
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku