Abstract:
WILA NOFRIANTI. NIM 16 301 04 078. Judul skripsi: "TEACHERS’ STRATEGIES IN TEACHING ENGLISH DURING COVID 19 PANDEMIC AT SMA N 1 SUNGAYANG". JurusanTadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Mahmud Yunus Batusangkar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum tergambarnya strategi guru dalam mengajarkan siswa dalam masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan oleh guru bahasa Inggris di SMA N 1 Sungayang dalam mengajarkan siswa selama covid-19 berlangsung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan descriptive qualitative. Data dalam penelitian ini adalah strategi dalam mengajarkan bahasa Inggris selama pandemi covid-19. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil observasi, wawancara dan dokumen sekolah yang berkaitan pembelajaran selama pandemi covid-19. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Sungayang. Informant dalam penelitian ini adalah guru yang mengajarkan bahasa Inggris di SMA N 1 Sungayang, di pilih menggunakan purposive sampling. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini, peneliti mengelaborasikan hasil observasi dan dokumen dengan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa strategi yang digunakan oleh guru bahasa Inggris dalam mengajarkan siswa selama pandemi covid-19 dengan atau selama pembelajaran online. Dari hasil wawancara terdapat beberapa strategi, 1) preparing student’s readiness to study by using WhatsApp application, 2) giving learning material in the form of power point in google classroom, 3) explaining the learning material by using voice note of WhatsApp application, 4) asking students to fine various referencess about learning material, 5) giving task; asking student’s to create video about learning material, 6) giving reward to students by submit the best video in youtobe channel, 7) asking students to find difficult vocabulary, and 8) giving extra time for students who has bad connection to submit the English task