Abstract:
Masalah penelitian yang dibahas dalam penelitian ini adalah keterbatasan bahan ajar, bahan ajar yang digunakan tidak sesuai dengan karakteristik siswa, serta kurangnya contoh soal, tugas individu, atau evaluasi, soal materi teks naratif. dalam bahan ajar yang digunakan oleh guru bahasa Inggris kelas x. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan siswa dan guru akan modul elektronik (e-modul) berbasis Pendekatan Ilmiah; (2) membuat prototipe atau merancang modul elektronik (e-modul) berdasarkan Pendekatan Ilmiah; dan (3) mendeskripsikan hasil validasi ahli terhadap modul elektronik (e-modul) berbasis Pendekatan Ilmiah. Jenis penelitian ini disebut penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan mendistribusikan, namun penelitian hanya dilakukan sampai tahap develop. Untuk menilai produk yang peneliti rancang, dalam penelitian ini dilakukan uji validitas oleh 3 validator, dua orang dosen dan satu orang guru. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, (1) dapat diketahui bahwa guru dan siswa membutuhkan bahan ajar e-modul teks naratif dengan menggunakan pendekatan saintifik. (2) Prototipe teks naratif e-modul sesuai dengan pendekatan saintifik. (3) Uji validasi e-modul berbantuan Kvisoft Flipbook Maker pada materi teks naratif pembelajaran bahasa Inggris adalah 76,89% dengan kategori valid. Hal ini menunjukkan bahwa e-modul berbantuan kvisoft flipbook maker pada materi teks naratif dalam pembelajaran bahasa Inggris layak digunakan dalam proses pembelajaran.