Abstract:
FAUZIA REIHANIL JANNAH, NIM. 1830104019. Judul Skripsi: "AN ANALYSIS OF FLOUTING MAXIMS USED BY STUDENTS DURING PROPOSAL SEMINAR" Jurusan Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar. Flouting Maxim bisa terjadi di berbagai situasi pendidikan. Salah satu situasinya yaitu di sebuah seminar proposal. Di dalam seminar proposal, adanya interaksi antara dosen dan siswa. Dalam melakukan interaksi, seorang dosen memberikan saran, kritikan, pertanyaan untuk meminta klarifikasi, konfirmasi, dan untuk mengetes pemahaman siswa terhadap apa yang telah dibuat. Dalam memberikan respon dosen, adanya kemungkinan seorang siswa melakukan flouting maxim. Hal ini dikarenakan adanya kemungkinan siswa dalam menanggapi pertanyaan dosen, mereka tidak paham dengan maksud pertanyaan dosen atau mungkin mereka merasa nerveous dan sebagainya. Jadi, Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum terungkapnya jenis-jenis flouting maxim yang terjadi selama seminar proposal di Program Studi Bahasa Inggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis-jenis flouting maxim dan untuk menunjukkan flouting maxim yang sering digunakan oleh mahasiswa yang terjadi selama seminar proposal. Penelitian ini adalah penelitian qualitative menggunakan desain content analysis yang menggambarkan jenis-jenis flouting maxim yang terjadi selama seminar proposal. Penelitian ini menggunakan dokumen tertulis dari hasil transkripsi rekaman video pada mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris di Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus di tahun ajaran 2021/2022. Data dari penelitian ini adalah semua utterances that consist of flouting maxim yang digunakan oleh mahasiswa Bahasa Inggris yang sedang melaksanakan proposal seminar. Data dari penelitian ini dikumpulkan dari bulan Maret-Juni. Sumber data dalam penelitian ini adalah 11 dokumen yang terdiri dari interaksi antara penguji, pembimbing dan siswa selama seminar proposal. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan langkah-langkah menurut Venderstoep and Johnston, dimana hasilnya berupa “Data Analysis”. Hasil penelitian menunjukkan ada beberapa maxim yang di flouting siswa saat proposal seminar. Jumlah flouting maxim yang ditemukan adalah 91 utterances dengan rincian 33 (36%) flouting maxim of quantity, 17 (19%) flouting maxim of quality and 41 (45%) utterances flouting maxim of relevance. Dari data diatas, Flouting maxim yang paling sering diucapkan mahasiswa Bahasa Inggris adalah flouting maxim of relevance.