Abstract:
LKPD cetak merupakan salah satu panduan yang dipakai dalam proses pembelajaran. Namun sebagai panduan belajar, LKPD cetak dalam penyajiannya kurang dapat memotivasi peserta didik dalam penerapannya. Kekurangan LKPD cetak ini dapat dilengkapi pada E-LKPD, hal ini yang mendorong peneliti untuk mengembangkan E-LKPD Berbasis Discovery Based Learning Menggunakan Live Worksheets pada Materi Alat Optik Fisika SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas dari E-LKPD yang telah dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, develop, implementation, evaluation). Pada penelitian ini dilakukan uji terbatas pada satu kelas untuk melihat kepraktisan E-LKPD. Teknik pengumpulan data didapat melalui validasi LKPD dan pengisian lembar angket respon praktikalitas guru dan peserta didik. E-LKPD divalidasi oleh 3 orang validator yaitu 2 orang dosen ahli dan 1 orang guru. Sedangkan pada proses praktikalitas E-LKPD diuji cobakan secara terbatas pada 2 orang guru dan 18 orang peserta didik kelas XI IPA di MAN 1 Kota Padang Panjang. Hasil penelitian dan pembahasan dapat menggambarkan kualitas produk yang peneliti kembangkan. Hasil penelitian dari kegiatan penerapan E-LKPD Fisika menggunakan Live Worksheets berbasis Discovery Based Learning dapat dikemukakan sebagai berikut : (1) Hasil validasi E-LKPD memiliki persentase 83,05% dengan kategori sangat valid (2) Hasil angket respon guru terhadap praktikalitas E-LKPD fisika didapat kategori sangat praktis dengan persentase 90,88%. (3) Hasil uji coba terbatas diuji cobakan pada 18 orang peserta didik kelas XI IPA MAN 1 Kota Padang Pajang dengan hasil persentase 80,02% dengan kriteria praktis.