Publikasi IAIN Batusangkar

PENGEMBANGAN E-MODUL IPA KELAS VIII SMP/MTs MATERI GERAK PADA BENDA TERINTEGRASI AL-QUR’AN DENGAN APLIKASI FLIP BUILDER MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author RAHMI FADILA
dc.date.accessioned 2022-09-14T01:49:44Z
dc.date.available 2022-09-14T01:49:44Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-08-22
dc.identifier.isbn NIM:1830107026
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200998
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/9ND64VJgaUxVfeZnqZERCvUWujn2AY.pdf
dc.description.abstract ABSTRAK Rahmi Fadila. NIM 1830107026, Judul Skripsi “Pengembangan E-Modul IPA Kelas VIII SMP/MTs Materi Gerak Pada Benda Terintegrasi Al-Qur’an dengan Aplikasi Flip Builder Menggunakan Model Discovery Learning” Jurusan Tadris Fisika Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar. Masih banyak peserta didik memandang bahwa materi fisika adalah bagian pelajaran IPA yang sulit dipahami. Dalam pembelajaran bahan ajar dan media yang digunakan seperti buku cetak, LKPD dan internet. Namun, hal ini belum mampu membangkitkan motivasi belajar peserta didik. Dikarenakan tampilan buku yang kurang menarik dan bahasanya yang sulit dipahami. Peserta didik tidak diizinkan membuka laptop tanpa ada pengawasan dari pendidik. Peserta didik tidak bisa mendownload karena laptop mereka diprotect sehingga video materi pelajaran tidak bisa dilihat ulang diluar jam pelajaran dan harus tersambung ke internet. Pendidik mengajar menggunakan metode tanya jawab dan ceramah serta lebih fokus pada rumus yang disampaikan sehingga peserta didik belum bisa belajar secara mandiri. Berdasarkan hal ini peneliti merancang sebuah bahan ajar berupa e-modul IPA kelas VIII SMP/MTs materi gerak pada benda terintegrasi Al-Qur’an dengan aplikasi flip builder menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan pratikalitas dari e-modul yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan 4-D. Penelitian ini dilakukan sampai tahap Develop (pengembangan) yang terbatas sampai tahap pratikalitas. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi dan lembar pratikalitas. E-modul divalidasi oleh 3 orang validator. Pada proses pratikalitas e-modul diuji cobakan secara terbatas pada 19 orang peserta didik kelas VIII.1 MTsS DMP Diniyyah Puteri Padang Panjang dan 1 orang pendidik IPA. Dari hasil validasi menunjukkan bahwa nilai persentase kevalidan materi e-modul adalah sebesar 90,6% dengan kategori sangat valid dan hasil validasi media e-modul diperoleh nilai persentase sebesar 82,67% dengan kategori sangat valid. Sementara itu, untuk pratikalitas e-modul berdasarkan angket respon pendidik dan peserta didik diperoleh nilai secara berturut-turut sebesar 93,4% dan 84,43% dengan kategori sangat praktis. Dari hasil ini menunjukkan bahwa Pengembangan E-Modul IPA Materi Gerak Pada Benda Terintegrasi Al-Qur’an Dengan Aplikasi Flip builder Menggunakan Model Discovery Learning telah dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher UIN Mahmud Yunus Batusangkar
dc.subject Fisika- Pendidikan
dc.subject.ddc 530.07
dc.subject.ddc 530.07
dc.title PENGEMBANGAN E-MODUL IPA KELAS VIII SMP/MTs MATERI GERAK PADA BENDA TERINTEGRASI AL-QUR’AN DENGAN APLIKASI FLIP BUILDER MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku