Publikasi IAIN Batusangkar

STUDENTS' OPINION TOWARD THE USE OF BLENDED LEARNING IN MICRO TEACHING CLASS

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author SILVIA FITRI
dc.date.accessioned 2022-09-14T01:49:59Z
dc.date.available 2022-09-14T01:49:59Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-08-22
dc.identifier.isbn NIM:1830104071
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22201047
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/Yi0JClFjZkkO8iG45zuTI3syT6LHf3Z.pdf
dc.description.abstract SILVIA FITRI, NIM 1830104071, Judul Skripsi:“STUDENTS’ OPINION TOWARD THE USE OF BLENDED LEARNING IN MICRO TEACHING CLASS”, Jurusan Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Mahmud Yunus Batusangkar. Permasalah dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya opini mahasiswa tentang perkuliahan micro teaching yang dilaksanakan secara blended learning. Perkuliahan Micro teaching yang dilaksanakan secara blended learning memunculkan opini yang berbeda dari mahasiswa yang mengikuti perkuliahan secara blended learning tersebut. Blended learning pada perkuliahan micro teaching yaitu adanya kombinasi antara pembelajaran secara daring dan luring. Ketika perkuliahan dilakukan secara daring dosen meminta mahasiswa untuk membuat video praktek mengajar, sedangkan ketika perkuliahan luring mahasiswa melakukan praktek mengajar di kampus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui opini mahasiswa tentang perkuliahan micro teaching yang dilaksanakan secara blended learning pada semester 6 tahun akademik 2021/2022 di UIN Mahmud Yunus Batusangkar. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis case study. Informan penelitian ini berjumlah 6 orang yaitunya mahasiswa yang mengikuti perkuliahan micro teaching dengan blended learning pada semester enam tahun akademik 2021/2022 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pada penelitian ini ada dua instrumen, peneliti sebagai instrumen utama dan pedoman wawancara sebagai instrumen pendukung. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah in-depth interview dan studi dokumentasi, serta menggunakan alat pendukung lainnya seperti pedoman wawancara dan smartphone untuk merekam percakapan selama wawancara. Untuk menguji keabsahan data, peneliti melakukan triangulasi waktu untuk mengonfirmasi dan menggali data lebih rinci. Selanjutnya, untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teori Miles and Huberman (1994), yang meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa opini mahasiswa tentang blended learning pada perkuliahan micro teaching. Opini mahasiswa tersebut yaitu: 1) positif, yaitu: (a) blended learning membuat mahasiswa mengetahui cara mengajar secara online dan offline, (b) blended learning membuat mahasiswa mempunyai banyak waktu untuk persiapan pembelajaran, (c) blended learning membuat tahapan feedback lebih bermanfaat dan membantu mahasiswa; 2) netral yaitu blended learning tidak membuat mahasiswa merasa kesulitan; 3) negatif yaitu: (a) blended learning tidak efektif, (b) blended learning membuat mahasiswa mengalami kerepotan untuk mempersiapkan pembelajaran, (c) blended learning membuat mahasiswa kesulitan ketika mengajar online.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher UIN Mahmud Yunus Batusangkar
dc.subject Bahasa Arab - Studi dan Pengajaran
dc.subject.ddc 420.7
dc.subject.ddc 420.7
dc.title STUDENTS' OPINION TOWARD THE USE OF BLENDED LEARNING IN MICRO TEACHING CLASS
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku