Abstract:
ABSTRAK WIDIA RAHMADANTI. NIM 1830104077. Judul skripsi: “STUDENTS’ OPINIONS ON THE CONTRIBUTION OF WATCHING ENGLISH YOUTUBE VIDEOS FOR THEIR SPEAKING”. Jurusan Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana pendapat mahasiswa semester empat UIN Mahmud Yunus Batusangkar tahun akademik 2021/2022 tentang kontribusi menonton video YouTube bahasa Inggris untuk Speaking mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendapat mahasiswa tentang kontribusi menonton video YouTube bahasa Inggris untuk Speaking mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah 10 orang mahasiswa Tadris Bahasa Inggris semester empat tahun akademik 2021/2022 yang menggunakan video YouTube Bahasa Inggris. Teknik pengambilan informan dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Pada penelitian ini ada tiga kriteria dalam pengambilan sampel yaitu: 1) mahasiswa yang menggunakan video YouTube, 2) mahasiswa yang menonton video YouTube yang berkaitan dengan bahasa Inggris dan, 3) mahasiswa yang menggunakan video YouTube berkaitan dengan kemampuan speaking mereka.Pada penelitian ini, peneliti berperan sebagai instrumen kunci dan pedoman wawancara sebagai instrumen pendukung. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara. Untuk menguji keabsahan data, dilakukan triangulation. Dalam penelitian ini dilakukan wawancara ulang untuk mengkonfirmasi jawaban sebelumnya pada waktu dan tempat yang berbeda. Selanjutnya untuk menganalisis data, analisis data dilakukan dengan cara mengkondensasi data, menampilkan data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada enam pendapat dari mahasiswa semester empat Tadris Bahasa Inggris tentang kontribusi menonton video YouTube bahasa Inggris untuk Speaking mereka yaitu 1) mengetahui pengucapan yang benar 2) mendapatkan kosa kata baru, 3) belajar berbicara di depan umum, 4) meningkatkan kelancaran dalam berbicara, 5) termotivasi dalam berbicara bahasa Inggris, 6) tahu tentang tata bahasa.