Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | FENI HUMAIRA | |
dc.date.accessioned | 2022-09-14T01:50:05Z | |
dc.date.available | 2022-09-14T01:50:05Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2022-08-22 | |
dc.identifier.isbn | NIM:1830107011 | |
dc.identifier.isbn | ||
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22200997 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/ivhy8m0u9eN31lUla6JY8U6UI3NYNp.pdf | |
dc.description.abstract | ABSTRAK Feni Humaira, NIM : 1830107011, Judul Skripsi “Pengembangan LKPD Elektronik Fisika SMA/MA Berbasis Discovery Learning Pada Materi Getaran Harmonis dan Karakteristik Gelombang” Jurusan Pendidikan (Tadris) Fisika Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar, 2022. Latar belakang pada penelitian ini adalah kendala-kendala yang dialami oleh pendidik dan peserta didik saat proses belajar mengajar yang menyebabkan belum maksimalnya pemahaman peserta didik terhadap materi yang dipelajari. Oleh sebab itu perlu dilakukan pengembangan media pembelajaran sebagai salah satu solusi dari kendala-kendala yang dialami pendidik dan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Peneliti melakukan pengembangan LKPD Elektronik berbasis Discovery Learning pada Materi Getaran Harmonis dan Karakterisitk Gelombang dengan tujuan menghasilkan LKPD Elektronik yang valid dan praktis untuk digunakan dalam proses belajar mengajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan menggunakan model pengembangan seperti yang dikemukakan Thiagarajan yaitu model 4-D. Model ini terdiri dari empat tahap: tahapan Define (pendefinisian), tahapan Design (perancangan), tahapan Develop (pengembangan) dan tahapan Disseminate (penyebaran). Peneliti hanya melakukan tiga tahapan yaitu Define, Design dan Develop, peneliti tidak melakukan tahapan Disseminate karena keterbatasan waktu. Pada tahapan pendefinisian dilakukan wawancara dengan peserta didik dan pendidik, analisis bahan ajar dan analisis karakteristik peserta didik. Tahapan kedua yaitu perancangan, tahapan ini dilakukan untuk merancang LKPD Elektronik yang akan dikembangkan dengan membuat GBPM, flowchart, story board, mengumpulkan bahan seperti video, audio, gambar,icon yang diperlukan, lalu membuat LKPD Elektronik menggunakan aplikasi Adobe Flash Professional CS6. Dilanjutkan dengan tahapan uji keterbacaan program, setelah itu tahapan finishing. Dari uji validitas dan uji praktikalitas yang telah dilaksanakan, maka diperoleh hasil uji validasi materi oleh validator dengan persentase 89,28% dengan kategori sangat valid, uji validasi media oleh validator dengan persentase 93,51% dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas terhadap pendidik dan peserta didik dengan hasil berturut-turut 89,28% dan 83,46% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji Validitas dan Praktikalitas yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa LKPD Elektronik yang dikembangkan dikategorikan sangat valid dan sangat praktis, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu media penunjang dalam proses belajar mengajar. Kata Kunci: LKPD Elektronik, Discovery Learning, Getaran Harmonis, Karakteristik Gelombang | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | UIN Mahmud Yunus Batusangkar | |
dc.subject | Fisika- Pendidikan | |
dc.subject.ddc | 530,07 | |
dc.subject.ddc | 530,07 | |
dc.title | Pengembangan LKPD Elektronik Fisika SMA/MA berbasis Discovery Learning pada Materi Getaran Harmonis dan Karakteristik Gelombang | |
dc.type | Skripsi |