Abstract:
DODI AHMAT MAULANA, NIM 1830101123 judul skripsi “PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DALAM PEMBELAJARAN PAI BAGI SISWA DIFABEL DI SLBUNDA ZIKRILLAH KABUPATEN SOLOK”. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar Tahun 2022. Permasalahan dalam skripsi ini adalah pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dalam pembelajaran PAI bagi siswa difabel baik siswa tunarungu dan tunawicara agar bisa membaca dan mempelajari Al-Qur’an serta menjadi bekal di dunia dan di akhirat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dalam pembelajaran PAI bagi siswa difabel di SLB Bunda Zikrillah sedangkan kegunaan penelitian ini adalah sebagai sumbangan pemikiran penulis dalam rangka mengembangkan ilmu tentang pembelajaran baca tulis Al-Qur’an. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan Field Research yang dikenal dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan secara kualitatif menggambarkan secara tertulis tanpa menggunakan angka-angka. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan sedangkan teknik menguji keabsahan data yang penulis gunakan adalah triangulasi.Dari penelitian yang penulis lakukan dilapangan dapat disimpulkan bahwa: 1) perencanaan pembelajaran baca tulis Al- Qur’an dalam pembelajaran PAI bagi siswa difabel di SLB Bunda Zikrillah Kabupaten Solok. Perencanaan guru sebelum melaksanakan pembelajaran seperti mempersiapkan RPP, silabus, materi yang akan diajarkan selain itu guru juga menyiapkan alat peraga yang akan digunakan sebagai penunjang pada saat pembelajaran. 2) pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dalam pembelajaran PAI bagi siswa difabel di SLB Bunda Zikrillah Kabupaten Solok. Dengan penyampaian materi yang telah disampaikan kepada siswa menggunakan bahasa yang baik dan mudah dipahami begitu dengan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an guru berusaha semampunya untuk bisa siswa tersebut mampu membaca Al-Qur’an dan mengetahui ilmu tajwid serta kejelasan ucapan dalam membaca Al-Qur’an.3) evaluasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dalam pembelajaran PAI bagi siswa difabel di SLB Bunda Zikrillah Kabupaten Solok. Dengan memperhatikan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Begitupun dengan tes tulisan untuk mengukur kemampuan siswa terhadap ayat-ayat Al-Qur’an dan non tes dengan melakukan pengamatan tanpa menguji siswa jadi pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dalam pembelajaran PAI bagi siswa difabel di SLB Bunda Zikrillah Kabupaten Solok memberikan dampak yang baik terhadap perkembangan siswa