Abstract:
Himmatul Jannah NIM: 1830101059. Judul Skripsi “Pengembangan LKPD Berbasis HOTS pada Materi Zakat Mata Pelajaran Fiqih Kelas X Madrasah Aliyah. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus, Batusangkar 2022. Masalah Penelitian ini didasarkan pada bahan ajar yang digunakan peserta didik sangat minim yang dapat meningkatkan Higher Order Thingking Skill sehingga rendahnya keterampilan berpikir tingkat tinggi pada peserta didik. Pada penelitian ini dibatasi pada tingkat kevalidan dan kepraktisan lembar kerja peserta didik sebagai produk yang dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Materi Zakat Mata Pelajaran Fiqih kelas X di Madrasah Aliyah Swasta Malalo. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development). Sedangkan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE, salah satu model pengembangan yang sering digunakan dalam penelitian pengembangan. Prosedur pelaksanaan model ADDIE dilaksanakan dalam lima tahap yaitu: 1) Analyze, 2) Design, 3) Develop, 4) Implement, dan 5) Evaluate dengan lembar validasi dan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dari tiga orang validator dan delapan belas peserta didik kelas X MAS Yastu Malalo. Berdasarkan hasil penelitian, pada tahap analyze didapatkan informasi dan gambaran mengenai permasalahan pembelajaran yang terjadi di lokasi penelitian melalui wawancara dan observasi. Selanjutnya pada tahap design, dilakukan perancangan produk lembar kerja peserta didik sesuai dengan kebutuhan dari tahap sebelumnya, dan pada tahap design dihasilkan sebuah lembar kerja peserta didik berbasis HOTS. Selanjutnya, lembar kerja peserta didik yang siap digunakan memasuki tahap develope. Lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) yang sudah jadi diberikan kepada validator untuk dinilai apakah produk layak untuk dikembangkan. Berdasarkan hasil validitas diperoleh nilai menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) pada materi zakat mata pelajaran fiqih kelas X di Madrasah Aliyah. Sudah memenuhi kriteria valid dengan hasil presentase validasi yang diperoleh 88, 53%. Lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) pada materi zakat mata pelajaran fiqih kelas X di Madrasah Aliyah. Sudah memenuhi kriteria sangat praktis dengan hasil praktikalitas oleh peserta didik sebesar 89,6%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) pada materi zakat mata pelajaran fiqih dapat dijadikan sebagai salah satu bahan ajar yang dapat digunakan.