Publikasi IAIN Batusangkar

ANALISIS KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA MENGGUNAKAN METODE UQAPAC PADA MATERI DINAMIKA GERAK LURUS KELAS X MAN 1 SIJUNJUNG

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author SYAFRIWAL AM
dc.date.accessioned 2022-09-14T01:50:34Z
dc.date.available 2022-09-14T01:50:34Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-08-22
dc.identifier.isbn NIM:1830107030
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200989
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/XVXhIhvNUpW42edl3iKZFWNSoUDQBm7n.pdf
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal fisika terutama pada materi Dinamika Gerak Lurus. penelitian ini, untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal menggunakan metode UQAPAC yaitu (1) understanding the problem, (2) qualitative analyzing of the problem, (3) solution plan for the problem, (4) applying the solution plan,dan (5) checking. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu dengan penelitian deskriptif melalui pendekatan kuantitatif untuk menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal fisika materi Dinamika Gerak Lurus di MAN 1 Sijunjung Kabupaten Sijunjung. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas X IPA yang terdiri dari X IPA 1 dan X IPA 2. Setelah melakukan uji validitas, daya pembeda, indeks kesukaran soal, klasifikasi soal dan reliabilitas soal. Sampel yang diteliti pada kelas X IPA 2 MAN 1 Sijunjung Kabupaten Sijunjung. Dari hasil wawancara dan pengumpulan angket kepada peserta didik dapat dilihat hasil dari perhitungan, bahwa faktor yang memengaruhi rendahnya kemampuan peserta didik tertinggi yaitu terletak pada faktor pergaulan dengan persentase sebesar 80% dan faktor internal yaitu motivasi, minat, kebiasaan, bakat, konsentrasi dengan persentase sebesar 75 %. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan metode UQAPAC pada materi Dinamika Gerak Lurus, secara umum berada pada kategori cukup memuaskan dengan persentase 45,22%.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher UIN Mahmud Yunus Batusangkar
dc.subject Fisika- Pendidikan
dc.subject.ddc 530.07
dc.subject.ddc 530.07
dc.title ANALISIS KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA MENGGUNAKAN METODE UQAPAC PADA MATERI DINAMIKA GERAK LURUS KELAS X MAN 1 SIJUNJUNG
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku