Abstract:
Bahan ajar merupakan segala sesuatu yang digunakan pendidik untuk menyampaikan materi kepada peserta didik. Karakteristik peserta didik lebih cenderung menghabiskan waktu dengan smartphone daripada belajar. Sehingga diperlukan sumber belajar yang dapat digunakan dengan smartphone seperti e-modul. Salah satu yang mudah digunakan untuk membuat e-modul adalah Smart Apps Creator, aplikasi yang penggunaannya tanpa coding. Penerapan model pembelajaran ceramah membuat pembelajaran bersifat teacher centre. Pada penelitian ini digunakan metode CTL yang membuat peserta didik berperan aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas dari e-modul yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan 4-D. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui validasi e-modul, validasi angket respon praktikalitas serta lembar angket respon praktikalitas. E-modul divalidasi oleh 4 orang ahli bidang pendidikan dan fisika. Sedangkan pada proses praktikalitas e-modul diuji cobakan secara terbatas pada 21 orang peserta didik kelas XI MIPA 2 dan 2 orang guru fisika SMA Negeri 1 Pariangan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan e-modul ini (1) Hasil validasi e-modul memiliki persentase 89,00% untuk materi dan 87,00% pada media dengan kategori pada kategori sangat valid (2) Hasil angket respon pendidik terhadap praktikalitas e-modul fisika pada kategori sangat praktis dengan persentase 89,00%. (3) Hasil uji coba terbatas diuji cobakan pada 21 orang peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA 1 Pariangan dengan hasil angket respon praktikalitas pada kategori sangat praktis dengan persentase 80,00% dengan kriteria praktis untuk digunakan.