Abstract:
ABSTRAK Yuli Andri. NIM 1830101116 (2018). Judul Skripsi: “Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an Pasca Covid-19 di Jorong Gudam Nagari Pagaruyung”. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar tahun 2022. Pokok permasalahan dalam SKRIPSI ini adalah Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an Pasca Covid-19 (Field research) di Jorong Gudam Nagari Pagaruyung. Adapun maksudnya adalah bagaimana guru ngaji melaksanakan pembelajaran Al-Qur’an pasca covid-19 di Jorong Gudam Nagari Pagaruyung untuk mencapai pendidikan dan pembelajaran yang diharapkan terutama dalam pembelajaran Al-Qur’an mengenai pengenalan huruf hijaiyah hingga fasih membaca Al-Qur’an dan memiliki pengetahuan keagamaan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an Pasca Covid-19 di Jorong Gudam Nagari Pagaruyung. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah jenis penelitian lapangan (Field research), untuk mendapatkan dat-data dari permasalahan yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif kualitatif, kemudian diuraikan serta melakukan klasifikasi terhadap aspek masalah tertentu dan memaparkan melalui kalimat yang efektif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan Triangulasi. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan di lapangan dapat digambarkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an pasca covid-19 yaitu : Ustadz yang mengajar ngaji telah merencanakan segala sesuatu yang hendak di capai sebelum pelaksanaan pembelajaran, diantara perencanaan nya yaitu, menentukan indikator, merumuskan tujuan, menetapkan bahan atau materi pelajaran, menentukan langkah-langkah pembelajaran (dimulai dari kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan penutup), menentukan dan memilih sumber dan metode belajar. Selanjutnya ketika melaksanakan pembelajaran guru melaksanakan pembelajaran Al-Qur’an berdasarkan tahapan-tahapan pembelajaran, yang terdiri dari kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup yang semuanya di ikuti oleh guru ngaji sehingga pembelajaran tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Selain hal tersebut pembelajaran Al-Qur’an pasca covid-19 tersebut tetap berjalan hingga saat ini, dikarenakan dengan pembelajaran yang mendatangkan guru ngaji ke rumah memiliki perkembangan yang signifikan terhadap perkembangan belajar santri. Ketika santri di suruh membaca Al-Qur’an mereka sudah bisa dengan lancar dan fasih membacanya serta juga sudah mampu menghafal surat pendek dengan waktu yang cepat.