Abstract:
WINDRI. NIM,1730105054 dengan Judul Skripsi “ANALISIS EPISTEMIC COGNITION SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF VISUALIZER DAN VERBALIZER PADA MATERI BANGUN RUANG”, Jurusan Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar. Proses Pembelajaran Matematika dikatakan Efektif jika siswa sudah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika, namun kondisi dilapangan tepatnya di SMPN 1 Sungai Tarab menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih rendah, Hal ini dapat terlihat dari hasil belajar matematika siswa yang belum maksimal. ketika siswa dihadapkan pada suatu permasalahan matematika, siswa akan melakukan proses kognisi, ada beberapa level proses kognisi siswa dalam menghadapi masalah Matematika yaitu proses Kognisi, Metakognisi dan level terakhir Epistemic Cognition. Epistemic Cognition siswa dalam pemecahan masalah dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya gaya kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Epistemic Cognition siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif Visualizer dan Verbalizer pada materi bangun ruang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif dengan Pendekatan Kualitatif. Subjek penelitian pada penelitian ini dipilih berdasarkan gaya kognitif dan kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan angket penggolongan gaya kognitif dan soal pemecahan masalah dan terpilih 4 orang siswa dengan gaya kognitif yang berbeda, pada kelas VIII.A SMPN 1 Sungai Tarab, dimana 2 orang siswa dengan gaya kognitif Visualizer dan 2 orang siswa dengan gaya kognitif Verbalizer. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data pada penelitian ini adalah Angket Penggolongan Gaya Kognitif, Soal Pemecahan Masalah matematika dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa Level Epistemic Cognition siswa dengan Gaya Kognitif Verbalizer dalam Pemecahan Masalah Matematika masuk dalam kategori Dominan Rasional, Hal ini terlihat pada saat siswa dengan Gaya Kognitif Verbalizer Memecahkan Masalah matematika, siswa lebih cenderung atau lebih banyak menggunakan Strategi Metakognisi, Pendekatan Pemecahan Masalah dan Justifikasi secara Rasional, sedangkan Level Epistemic Cognition siswa dengan Gaya Kognitif Visualizer masuk kategori Rasional Empiris, Hal ini terlihat pada saat siswa dengan Gaya Kognitif Visualizer dalam memecahkan Masalah matematika, siswa mengunakan Strategi Metakognisi dengan tingkat rata-rata, Pendekatan Pemecahan Masalah secara Rasional dan Justifikasi secara Rasional Empiris.