Abstract:
YOLLA ENVA DILLA, NIM. 1830103074, Judul Skripsi: “Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA N 1 Sungayang”, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar. Pokok permasalahan dalam skripsi ini beranjak dari masih ada beberapa guru yang belum menguasai materi pelajaran, kurang menguasai teknologi dan belum menjalankan tugasnya sesuai rencana yang ditetapkan sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui upaya Kepala Sekolah dalam meningkatkan kemampuan penguasaan materi oleh guru 2) Untuk mengetahui upaya Kepala Sekolah dalam meningkatkan kemampuan penguasaan SK dan KD dalam proses belajar mengajar 3) Untuk mengetahui upaya Kepala Sekolah dalam meningkatkan kemampuan pengembangan materi oleh guru 4) Untuk mengetahui upaya Kepala Sekolah dalam meningkatkan kemampuan penguasaan teknologi oleh guru 5) Untuk mengetahui upaya Kepala Sekolah dalam meningkatkan kemampuan reflektif guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan pengambilan lokasi di SMA N 1 Sungayang. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan guruSMA N 1 Sungayang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang mendukung dalam teknik pengumpulan data yaitu diri peneliti sendiri dan pedoman wawancara. Teknik penjaminan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kredibilitas, keteralihan, ketergantungan dan ketegasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA N 1 Sungayang sudah cukup baik terutama dalam meningkatkan kompetensi profesional guru. Dalam meningkatkan penguasaan materi kepala sekolah mengikutsertakan guru-guru dalam kegiatan pelatihan-pelatihan, KKG dan MGMP. Dalam meningkatkan penguasaan SK dan KD kepala sekolah mengikutsertakan guru-guru dalam kegiatan diklat kurikulum. Dalam meningkatkan kemampuan pengembangan materi kepala sekolah mengadakan IHT, workshop dan seminar. Dalam meningkatkan kemampuan penguasaan teknologi kepala sekolah mengadakan pelatihan tentang TIK dan memberikan layanan guru IT bimbingan di sekolah. Dalam meningkatkan kemampuan reflektif guru kepala sekolah melakukan evaluasi setelah pembelajaran dan memotivasi guru untuk melakukan tindakan reflektif secara terus menerus. Kata Kunci: Kepala Sekolah, Profesionalisme, Kompetensi Profesional