Abstract:
Abstrak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development) yaitu penelitian yang merubah atau memperbaharui suatu produk tertentu yang diperlukan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar dan mengetahui hasil validitas dan praktkalitas terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek uji coba adalah siswa kelas VIII khusus tunagrahita di SLBN 1 Payakumbuh tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 7 orang. Instrumen dalam penelitian ini terdiri atas lembar validasi bahan ajar dan angket respon guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ketiga validator memberikan penilaian terhadap bahan ajar dengan hasil sangat valid (86,3%) dan validasi terhadap angket respon guru dengan hasil sangat valid (86,7%); 2) untuk hasil praktikalitas dari pengisian angket respon guru dan angket respon siswa itu adalah sangat parktis (angket respon guru 94% dan siswa 98,9%). Dengan demikian makabahan ajar yang dikembangkan menggunakan aplikasi coreldraw ini layak dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.