Abstract:
ABSTRAK Wilda Novriani. NIM 1830111082 (2018). Judul skripsi : “Hubungan Rasa Percaya Diri Siswa dengan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Pada Siswa Kelas Tinggi di SD Negeri 03 Kuamang”. Program Pendidikan Sarjana jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan mengemukakan pendapat dikarenakan rendahnya rasa percaya diri siswa pada siswa kelas tinggi di SD Negeri 03 Kuamang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji, melihat dan membuktikan apakah ada terdapat hubungan yang signifikan antara rasa percaya diri siswa dengan kemampuan mengemukakan pendapat pada siswa kelas tinggi di SD Negeri 03 Kuamang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional yang bersifat deskripstif kuantitatif. Penelitian untuk melihat hubungan satu variabel terhadap variabel lain. Variabel yang di maksud ialah rasa percaya diri dan kemampuan mengemukakan pendapat pada siswa kelas tinggi di SD Negeri 03 Kuamang. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV dan siswa kelas V di SD Negeri 03 Kuamang sebanyak 55 siswa. Berdasarkan populasi di atas maka peneliti menggunakan metode pengambilan sampel dengan cara menggunakan sampling total (totality sampling) atau sensus. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan menggunakan kuesioner pada skala likert yang diberikan kepada lima puluh lima orang siswa kelas tinggi yaitu kelas IV dan kelas V di SD Negeri 03 Kuamang. Hasil penelitian ini diketahui bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara rasa percaya diri siswa dengan kemampuan mengemukakan pendapat di SD Negeri 03 Kuamang. Berdasarkan rhitung yang diperoleh = 0,758 dan rtabel 0,354 maka dari itu dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara rasa percaya diri siswa dengan kemampuan mengemukakan pendapat pada siswa kelas tinggi di SD Negeri 03 Kuamang pada taraf 1% dengan indeks korelasi positif, sehingga rumus hipotesisnya adalah Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat peneliti simpulkan jika semakin tinggi rasa percaya diri siswa maka semakin tinggi pula kemampuan mengemukakan pendapat siswa dan sebaliknya jika semakin rendah rasa percaya diri siswa maka semakin rendah pula kemampuan mengemukakan pendapat siswa juga rendah