Abstract:
Suryani Agustin, NIM 1830111073 judul skripsi “ Analisis Kesulitan Belajar dalam Pembelajaran Tematik pada Peserta Didik Kelas IV di MIS Batusangkar”. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar. Masalah penelitian ini adalah belum adanya deskripsi kesulitan belajar yang dialami peserta didik dalam pembelajaran tematik dan juga belum dikaji faktor penyebabnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik dan faktor penyebabnya pada peserta didik kelas IV di MIS Batusangkar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data pada penelitian ini adalah wali kelas IV dan 6 peserta didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Batusangkar. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Milles and Huberman dengan tahapan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kesulitan-kesulitan pembelajaran tematik pada peserta didik kelas IV ada tiga yaitu, kesulitan dalam pemahaman materi, kesulitan dalam menemukan sendiri pengetahuan, kesulitan dalam menyelesaikan tugas tematik. Sedangkan faktor yang menyebabkan kesulitan pembelajaran tematik ada empat yaitu, daya tangkap lemah, kebiasaan belajar yang kurang baik, kejenuhan saat belajar tematik, dan waktu pembelajaran tematik yang lama.