Abstract:
Irmaini. NIM: 1830101018. Judul Skripsi “Pengembangan E-Modul Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Integratif Berbasis Problem Based Learning pada Materi Minuman yang Haram Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Kelas VIII SMP”. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus (IAIN), Batusangkar. 2022. Salah satu bidag studi yang harus dikuasai oleh peserta didik ialah Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI BP). Pembelajaran PAI hendaknya dapat dipahami dari berbagai sudut pandang sehingga materi ajar PAI tidak hanya dapat dipahami secara parsial, melainkan dapat dipahami secara integratif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul pembelajaran Pendidikan Agama Islam integratif berbasis Problem Based Learning pada materi minuman yang haram menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker yang valid dan praktis. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development). Sedangkan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE, salah satu model pengembangan yang sering digunakan dilaksanakan dalam lima tahap yaitu: 1) Analyze, 2) Design, 3) Develop, 4) Implement, dan 5) Evaluate dengan lembar validasi dan kuosioner sebagai alat pengumpulan data dari enam orang validator dan delapan orang siswa kelas VIII SMPN 3 Padang Panjang. Berdasarkan hasil penelitian, pada tahap analyze didapatkan informasi dan gambaran mengenai permasalahan pembelajaran PAI terjadi di lokasi penelitian melalui wawancara dan observasi. Selanjutnya pada tahap design, dilakukan perancangan produk e-modul sesuai dengan kebutuhan dari tahap sebelumnya, dan pada tahap design dihasilkan sebuah e-modul pembelajaran yang dapat diakses melalui platform Kvisoft Flipbook Maker. Selanjutnya, e-modul yang siap diakses memasuki tahap develop. E-modul yang sudah jadi diberikan kepada validator untuk dinilai apakah produk layak untuk dikembangkan. Berdasarkan hasil validitas diperoleh nilai 0,813 dengan kategori “sangat valid” sehingga e-modul yang dikembangkan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Setelah melalui tahap revisi, penelitian dilanjutkan kepada tahap implement. E-modul diuji cobakan kepada delapan orang perwakilan peserta didik kelas VIII SMPN 3 Padang Panjang untuk uji praktikalitas. Uji praktikalitas yang dilakukan memperoleh nilai 0.855 terkategori “sangat praktis”. Selanjutnya pada tahap evaluate, berdasarkan penilaian dan komentar positif yang diberikan oleh peserta didik memungkinkan e-modul siap digunakan dalam skala yang lebih besar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul pembelajaran PAI dan Budi Pekerti integratif dengan IPA dan bidang keilmuan lainnya ini layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.