Abstract:
ABSTRAK Ririanti Ramadani, NIM. 1730111050, Judul Skripsi “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Mengingat Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 02 Taluak Lintau Buo Tanah Datar”, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar 2022. Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya kemampuan mengingat siswa khususnya kelas IV SDN 02 Taluak Lintau Buo Tanah Datar kemampuan mengingat siswa pada dasarnya belum dapat dikembangkan dan di tingkatkan dengan baik sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan setiap materi yang disampaikan guru di depan kelas. Pembelajaran IPA yang kurang menarik dan monoton menjadi alasan siswa mengalami kesulitan dalam belajar dan kemampuan mengingat siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan mengingat siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 02 Taluak Lintau Buo Tanah Datar. Penelitian ini Menggunakan Metode kuantitatif dengan jenis eksperimen, sedangkan pendekatan dalam penelitian ini Pre-Eksperimental tipe One Group Pretest-Posttest design. Sampel penelitian diperoleh melalui teknik total sampling dimana semua populasi di jadikan sampel yaitu semua siswa kelas IV yang berjumlah 23 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar ranah kognitif berupa tes essay sebanyak 10 butir soal dan angket kemudian data dianalisis secara statistik dengan uji-t. Dari data hasil tes akhir menunjukkan bahwa nilai rata-rata akhir peserta didik pada tes posttest mendapatkan rata-rata 83,69 dengan persentase 91,30%. Sedangkan pretest rata-rata keseluruhan nilai yang di dapat adalah 63,04 dengan persentase 30,43 %. tingkat skor kemampuan mengingat siswa pada tes angket di SDN 02 Taluak Lintau Buo Tanah Datar dari 23 orang siswa yang menjadi sampel penelitian terdapat jumlah total skor 2253 dengan rata-rata skor 97,95652. Hal ini dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan mengingat siswa berada pada kategori tinggi. Pada penelitian ini juga dilakukan uji hipotesis dengan uji-t pretest dan posttest dengan aplikasi SPSS 0,000 0,005 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat diambil keputusan adanya pengaruh yang signifikan model Pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan mengingat siswa yang di lihat dari hasil belajar sehingga maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Kemampuan Mengingat.