Publikasi IAIN Batusangkar

HUBUNGAN PERSEPSI SISWA DAN DISIPLIN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS X PASCA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 SUNGAYANG

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author MARDIA CINDY
dc.date.accessioned 2022-09-14T01:54:37Z
dc.date.available 2022-09-14T01:54:37Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-08-22
dc.identifier.isbn NIM:1730101072
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200880
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/batusangkar/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdL10xCIH%2Fi9cCNxxKrOCg01MJbtsTA59wkxXmu7Yj%2FBafxYQ8Nkp7%2FFEJmPCsTgnFt5yCIc4HQBKmC2Gjs0Reg7%2Ba69%2Bpp5aR82KWa60Hgbd1kCHtZTxUOAsIt6yQmUZGn2QyPm1tRO%2BVqyFTaa2C1BDQwVuSaWbxE%3D
dc.description.abstract ABSTRAK MARDIA CINDY. NIM: 1730101072. Judul Skripsi “HUBUNGAN PERSEPSI SISWA DAN DISIPLIN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS X PASCA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 SUNGAYANG“. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar. Permasalahan yang penulis bahas dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajran PAI pasca pandemi covid-19 yang ditinjau dari persepsi siswa yang berbeda-beda terhadap motivasi pada mata pelajaran PAI dan kedisiplinan guru dalam mengajar pada mata pelajaran PAI. Tujuan penelitian ini adalah, (1) Untuk mengetahui hubungan persepsi siswa terhadap motivasi pada mata pelajaran PAI kelas X pasca pandemi Covid-19 di SMAN 1 Sungayang. (2) Untuk mengetahui hubungan kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X pasca pandemi Covid-19 di SMAN 1 Sungayang. (3) Untuk mengetahui hubungan persepsi siswa dan kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran PAI kelas X pasca pandemi Covid-19 di SMAN 1 Sungayang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional dengan sampel berjumlah 31 siswa kelas X. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Instrumen yang digunakan untuk mengumpukan data adalah angket tertutup dengan memakai skala likert yang memiliki empat alternatif jawaban. Data yang telah diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan teknik analisis data yang terdiri atas Pengujian Prasyarat Analisis dan Pengujian Hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap motivasi pada mata pelajaran PAI kelas X pasca pandemi Covid-19 di SMAN 1 Sungayang yang berkontribusi cukup baik yaitu sebesar 39% dimana melalui analisis bivariat pada variabel X1 terhadap variabel Y diperoleh nilai rhitung sebesar 0,670 > rtabel sebesar 0,355 rtabel. (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas X pasca pandemi Covid-19 di SMAN 1 Sungayang yang berkontribusi tinggi yaitu sebesar 39% dimana melalui analisis bivariat pada X2 terhadap variabel Y di peroleh nilai nilai rhitung sebesar 0,468 > rtabel sebesar 0,355. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa dan kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran PAI kelas X pasca pandemi Covid-19 di SMAN 1 Sungayang yang berkontribusi cukup baik yaitu sebesar 45% dimana hasil analisis multivariate variabel X1 dan variabel X2 terhadap variabel Y diperoleh nilai rhitung sebesar 0,683, > rtabel sebesar 0,355 pada taraf signifikan 5% yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher UIN Mahmud Yunus Batusangkar
dc.subject Pendidikan islam
dc.subject.ddc 2X7.3
dc.subject.ddc 2X7.3
dc.title HUBUNGAN PERSEPSI SISWA DAN DISIPLIN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS X PASCA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 SUNGAYANG
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku