Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD N 20 Paninjauan Kecamatan X Koto, hal ini terlihat masih ada beberapa siswa yang kurang memperhatikan pelajaran yang disampaikan guru, guru cenderung menggunakan metode ceramah, tidak terlihat keaktifan siswa di dalam kelas sehingga menimbulkan sikap ketidakingintahuan siswa terhadap materi pelajaran, ketika melakukan diskusi kelompok masih ada beberapa siswa yang mengharapkan jawaban teman yang pintar saja. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD N 20 Paninjauan Kecamatan X Koto. Penelitian ini menggunakan Metode kuantitatif dengan jenis eksperimen, Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini Pre Eksperimental Design tipe One Group Pretest-Posttest design. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas V SD N 20 Paninjauan Kecamatan X Koto, dengan jumlah sampel 25 orang siswa. Hasil rata-rata pretest adalah 61,00, setelah pretest dilakukan kemudian diberikan perlakuan berupa penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing untuk meningkatkah hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Selama melaksanakan treatment terjadi suatu peningkatan yang terlihat dari posttest yang mana rata-ratanya yaitu 80,60. Untuk menguji signifikansi dengan cara membandingkan t0 (“t” hitung) dengan tt (“t” tabel). Pada taraf signifikan 5% diperoleh tt sebesar 2,064, kemudian di bandingkan dengan t0 = 17,578 maka dapat diketahui bahwa t0 lebih dari tt yaitu 17,578 > 2,064. Dengan demikian berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest pada kelompok sampel. Maka hipotesis alternative (Ha) di terima dan hipotesis nihil (Ho) di tolak, artinya adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar IPA siswa.