Publikasi IAIN Batusangkar

PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK MATEMATIKA UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI ISLAMI PADA MATERI PECAHAN KELAS VII DI SMP N 3 BATUSANGKAR

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author GITA ALMA DWIANA
dc.date.accessioned 2022-09-14T01:55:09Z
dc.date.available 2022-09-14T01:55:09Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-08-22
dc.identifier.isbn NIM:1730105019
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22201016
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/TATumzRM1KFswYDNhzf7tzUdITE897.pdf
dc.description.abstract Gita Alma Dwiana, NIM : 17 301 050 19, Judul Skripsi “Pengembangan Media Komik Nussa dan Rara Materi Pecahan untuk Menanamkan Nilai-Nilai Islamiah Kelas VII di SMP N 3 Batusangkar”, Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Mahmud Yunus Batusangkar 2022. Penelitian ini dilatar belakangi oleh buku paket harus dapat menunjang proses pembelajaran yang optimal. dalam penjabaran isi dari buku terebut terdapat beberapa kekurangan buku di antaranya,: Penjabaran masalah pada materi pembelajaran masih terbilang kurang efektif, alternatif pemecahan masalah pada pembahasan soal-soal juga masih singkat, contoh soal yang masih terlalu sedikit, ringksan pembahasan materi juga terlalu sederhana, dan tidak terdapatnya kaitan materi dengan nilai islami. Proses pembelajaran matematika di sekolah masih belum adanya pembelajaran yang terkait dengan pembelajaran berkonteks islami bagi siswa untuk meningkatkan iman dan taqwa berdasarkan visi-misi sekolah yang mana membiasakan kegiatan pembiasaan utnuk menumbuhkan penghayatan dan pengamalan ajaran agama dan budaya daerah, dimana nantinya akan mengintegrasikan nilai-nilai islami untuk membentuk siswa yang tak hanya berprestasi namun juga berbudi pekerti serta memiliki iman dan takwa. Adapun model pengembangan ini terdiri dari tiga tahap yaitu tahap Define (pendefinisian), tahap design (perancangan), dan tahap develop (pengembangan). Instrument penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi dan angket respon. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pengembangan dimana melalui pengembangan media pembelajaran, yaitu berupa media komik. Komik ini instrumen validasi divalidasi oleh 3 pakar, sedangkan instrumen praktikalitas media komik Nussa dan Rara dilakukan dengan pengisian angket respon komik diujicobakan secara terbatas pada siswa kelas VII 3 SMP 3 Batusangkar untuk melihat kegunaan, keterbacaan, kepraktisan penggunaan media yang dikembangkan. Penilaian dari hasil validasi dihasilkan angka dalam bentuk persen, data yang diperoleh dari lembar validasi dan angket akan dilakukan perhitungan masing-masing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) media komik nusa dan Rara pada materi pecahan untuk menanamkan nilai-nilai islamiah kelas VII di SMP 3 Batusangkar telah dirancang dan telah valid yaitu dari segi kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa dan kelayakan kegrafikan; 2) media komik Nussa dan Rara pada materi pecahan untuk menanamkan nilai-nilai islamiah kelas VII 3 di SMP 3 Batusangkar telah praktis dari segi tampilan media, penggunaan media, pengaruh media pada proses pembelajaran dimana presentase validitas media yaitu 79%, dengan kriteria valid dan presentase praktikalitas angket respon 84,15%. Dengan kriteria sangat praktis.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher UIN Mahmud Yunus Batusangkar
dc.subject islam dan matematika
dc.subject.ddc 2X0.5
dc.subject.ddc 2X0.5
dc.title PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK MATEMATIKA UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI ISLAMI PADA MATERI PECAHAN KELAS VII DI SMP N 3 BATUSANGKAR
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku