Publikasi IAIN Batusangkar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SERVICE LEARNING PADA HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VII MTsS MUHAMMADIYAH BATU BULAT TAHUN AJARAN 2021/2022

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author MAYA NUR REZKI
dc.date.accessioned 2022-09-14T01:55:12Z
dc.date.available 2022-09-14T01:55:12Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-08-22
dc.identifier.isbn NIM:1830106034
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200943
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/o6fHZth2NKNdosjcXXTappBA9L5eG9tN.pdf
dc.description.abstract MAYA NUR REZKI, NIM. 1830106034, Judul Skripsi: “Penerapan Model Pembelajaran Service Learning Pada Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VII MTsS Muhammadiyyah Batu Bulat Tahun Ajaran 2021/2022”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus (UIN) Batusangkar 2022. Pokok permasalahan dalam skripsi ini yaitu hasil belajar peserta didik masih rendah, pembelajaran berpusat pada guru dan pembelajaran belum mengaitkan dan menerapkan materi pelajaran pada masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran service learning pada hasil belajar kognitif peserta didik kelas VII di MTSsS Muhammadiyyah Batu Bulat tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experimental dengan rancangan penelitian postest control only group design. Sampel penelitian ini kelas VII MTsS Muhammadiyyah Batu Bulat. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar kognitif menggunakan soal esai. Sedangkan analisis data hasil belajar kognitif peserta didik di analisis dengan uji T menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif peserta didik dengan penerapan model pembelajan service learning lebih baik dari pada hasil belajar dengan penerapan pembelajaran konvensional. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 88,70 sedangkan kelas konrtrol 72,42. Dengan demikian, penerapan pembelajaran service learning mempengaruhi hasil belajar kognitif peserta didik.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher UIN Mahmud Yunus Batusangkar
dc.subject metode belajar
dc.subject.ddc 371.3
dc.subject.ddc 371.3
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SERVICE LEARNING PADA HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VII MTsS MUHAMMADIYAH BATU BULAT TAHUN AJARAN 2021/2022
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku