Publikasi IAIN Batusangkar

Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SDN 20 Batu Bulek

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author NIDYA WIKEN APRILIA
dc.date.accessioned 2022-09-14T01:55:25Z
dc.date.available 2022-09-14T01:55:25Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-08-22
dc.identifier.isbn NIM:1830111039
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200901
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/ADu7k0ARc0D9Yx7uf6V4Bd5iXbBvHcdl.pdf
dc.description.abstract Nidya Wiken Aprilia, NIM: 1830111039, Judul Skripsi “Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SDN 20 Batu Bulek”, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar 2022. Penelitian ini beranjak dari permasalahan belum terlihatnya pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaanmodel pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap hasil belajar matematika kelas IV di SDN 20 Batu Bulek. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan metode pre eksperimental dan desain one group pre-test post-test design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SDN 20 Batu Bulek. Seluruh populasi dijadikan sampel penelitian dengan teknik total sampling. Instrumen penelitian berupa tes yaitu tes uraian yang berjumlah 10 butir, yang telah uji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukarannya, sehingga 10 butir soal ini valid dan tepat digunakan untuk penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dengan hasil pada pre-test = 0,1701 Ltabel = 0,206 dan post-test = 0,1390 Ltabel = 0,206 dengan taraf signifikan 5% dan jumlah sampel 17 orang,serta uji hipotesis menggunakan uji-t (t-test) dan uji N-gain. Hasil penelitian diperoleh uji t (t-test) dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung 10,24 > ttabel 2,03. Hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas bangun datar diperoleh melalui uji pre-test dan post-test dikelas sampel ditunjukkan dari rata-rata pre-test = 44,41 dan rata-rata post-test = 84,82 serta hasil uji N-gain 0,727 dengan kategori tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 20 Batu Bulek.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher UIN Mahmud Yunus Batusangkar
dc.subject metode belajar
dc.subject.ddc 371.3
dc.subject.ddc 371.3
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SDN 20 Batu Bulek
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku