Abstract:
Media pembelajaran yang digunakan oleh guru masih media konvesional berupa buku sebagai media cetak dan kurang variatif sehingga kurang diminati oleh siswa. Perkembangan teknologi yang mempengaruhi bidang pendidikan membuat guru harus memiliki kemampuan dalam membuat dan memilih media yang sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang mudah untuk dibuat oleh guru dan mudah digunakan oleh siswa serta bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian R&D (Research and Development) menggunakan model pengembangan 4-D dengan tahapan tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Pada tahap validasi, divalidasikan oleh dosen dan guru. Untuk praktikalitas dilakukan pengisisan angket oleh guru dan siswa. Hasil penelitian media pembelajaran yang dikembangkan memiliki kelayakan sebagai media pembelajaran dikategorikan sangat valid dengan hasil akhir persentase 90,20%. Untuk praktikalitas oleh guru hasilnya 80,83% kategori praktis dan oleh siswa hasilnya 80,85% dengan kategori praktis. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian media pembalajaran IPA berbasis Exelearning pada materi sistem pernapasan kelas VIII SMP Islam Raudhatul Jannah yang dilakukan disimpulkan bahwa media pembelajaran IPA berbasis Exelearning pada materi sistem pernapasan sangat valid dan praktis dan dapat digunakan bagi guru dan siswa dalam pembelajaran.