Abstract:
ABSTRAK Yola Helfitri. 1830101036. NIM: 1830101036. Judul Skripsi “Pengembangan E-Modul Pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan Aplikasi Flipbook Maker dalam materi Meneladani Sifat-sifat Mulia Rasul Allah Swt. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Batusangkar.2022. Salah satu mata pelajaran yang harus dikuasai oleh peserta didik adalah Pendidikan Agama Islam (PAI). Dalam sebuah proses pembelajaran terdapat beberapa komponen yang mempengaruhi proses pembelajaran salah satunya ialah bahan ajar. Bahan ajar pada saat sekarang ini bukan hanya sebatas buku cetak saja tetapi dapat juga dikembangkan salah satunya dengan pengembangan e-modul PAI sebagai penunjang buku pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-modul Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi Meneladani sifat-sifat mulia Rasul Allah Swt yang valid dan praktis. Metode pengembangan yang dipakai adalah R&D (Research and Development). Sedangkan model pengembangan yang digunakan adalah mode ADDIE, salah satu model pengembangan yang sering digunakan dalam penelitian pengembangan. Prosedur pelaksanaan model ADDIE dilaksanakan dalam lima tahapan, yaitu : 1) Analyze 2) Design 3) Develop 4) Implement 5) Evaluate.dengan lembar validasi dan kuisioner sebagai alat pengumpulan data tiga orang Validator dan delapan orang peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Panjang. Berdasarkan hasil penelitian pada tahap analyze didapatkan informasi dan gambaran mengenai permasalahan pembelajaran PAI terjadi dilokasi penelitian melalui wawancara dan observasi. Selanjutnya pada tahapan Design, dilakukan perancangan produk e-modul sesuai dengan kebutuhan dari tahapan yang dilakukan sebelumnya, dan pada tahap design dihasilkan sebuah e-modul pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dapat diakses melalui Aplikasi Flipbook maker dan dapat diakses dengan link tautan yang tersedia. Selanjutnya, e-modul yang siap diakses memasuki tahapan develope. E-modul yang sudah jadi diberikan kepada Validator untuk dinilai apakah produl e-modul layak untuk dikembangkan. Berdasarkan hasil validitas diperoleh nilai 0,853 dengan kategori “valid” sehingga e-modul e-modul yang dikembangkan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Setelah melalui tahapan revisi dan perbaikan penelitian dilanjutkan pada tahap implementasi. E-modul diuji cobakan kepada delapan orang perwakilan peserta didik di kelas VIII di SMP Negeri 1 Padang Panjang untuk uji coba Praktikalitas. Uji praktikalitas yang dilakukan memperoleh nilai 0,933 dengan kategori “sangat praktis”. Selanjutnya tahapan terakhir yaitu tahap evaluate, berdasarkan penilaian positif dan komentar positif yang diberikan oleh peserta didik memungkinkan e-modul siap digunakan dalam skala yang lebih besar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa e-modul Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam materi meneladani sifat-sifat mulia Rasul Allah Swt ini layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.