Abstract:
WAHYU ANDRIANI, NIM. 1730111059, Judul Skripsi “Efektifitas Pemberian Reward Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Di SDN 06 Andaleh Baruh Bukik”, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar 2022. Motivasi belajar siswa khususnya pada kelas V SDN 06 Andaleh Baruh Bukik masih tergolong rendah. Rendahnya motivasi belajar siswa disebabkan kurangnya strategi mengajar guru dalam proses pembelajaran sehingga dalam proses pembelajaran siswa tidak semangat dan terlihak monoton dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemberian reward efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika di SDN 06 Andaleh Baruh Bukik. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif menggunakan jenis eksperimen, sedangkan pendekatan penelitian ini adalah pre-eksperimen design tipe one group pretest-postest. Sampel penelitian diperoleh melalui teknik sampel jenuh atau total sampling dimana semua populasi dijadikan sampel yaitu semua siswa kelas V yang berjumlah 25 orang. Pengumpulan data menggunakan soal tes essay dan angket dengan teknik analisis data secara statistik dengan uji-t. Dari data hasil tes akhir menunjukkan bahwa nilai rata-rata akhir siswa pada pretest yaitu 44,6 dengan persentase ketuntasan sebanyak 20% dan postest yaitu 86,04 dengan persentase ketuntasan sebanyak 88%. hasil skor motivasi belajar siswa pada tes angket di SDN 06 Andaleh Baruh Bukik sebanyak 25 orang siswa dengan total skor 2206 dan rata-rata skor 88,24. Hal ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa berada pada kategori sangat tinggi. Pada penelitian ini juga dilakukan uji hipotesis dengan uji-t pretest postest dengan aplikasi SPSS 0,0000,005 maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat diambil keputusan bahwa pemberian reward efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika di SDN 06 Andaleh Baruh Bukik.