Abstract:
Vira Davaria Putri. 1830101153 (2022). Judul Skripsi: “Pembelajaran Kitab Akhlak Li Al-Banin di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Surau Tabek Nagari Sungai Asam Kabupaten Padang Pariaman”. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam SKRIPSI ini adalah pembelajaran Kitab Akhlak Li al-Banin di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Surau Tabek Nagari Sungai Asam Kabupaten Padang Pariaman. Tujuan pembahasan ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Kitab Akhlak Li al-Banin dalam memperbaiki akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Surau Tabek Nagari Sungai Asam Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian lapangan (Field Research), untuk mendapatkan data-data dari permasalahan yang diteliti. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yang dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya teknik penjaminan keabsahan data yang penulis gunakan ialah jenis triangulasi sumber sebagai pemeriksaan keabsahan data. Dari penelitian yang penulis lakukan di lapangan dapat dikemukakan bahwa perencanaan pembelajaran Kitab Akhlak Li al-Banin di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Surau Tabek Nagari Sungai Asam Kabupaten Padang Pariaman mengikuti kebijakan yang telah disusun oleh guru yaitu guru membentuk persiapan dalam mengajar, seperti membentuk duduk perkelompok, mencari tempat duduk, serta menyiapkan kitab dan alat tulis yang perlu digunakan dalam proses pembelajaran pemilihan metode, media, bahan ajar juga menyesuaikan dengan sistem klasik dari pesantren tersebut yaitu menggunakan kitab kuning dengan guru langsung menyampaikan materi melalui metode halaqah. Metode tersebut berbentuk metode bandongan, dimana metode ini juga terbentuk metode lainnya, seperti ceramah, tanya jawab, kelompok, serta belajar dengan teman sebaya. Pelaksanaan pembelajaran Kitab Akhlak Li al-Banin dimulai dnegan membacakan basmallah, dan adanya pemberian motivasi sesuai dengan materi yang diajarkan, juga ada terdapat hari khusus dalam pemberian do’a dan ceramah yang juga berisi motivasi dalam menuntut ilmu, pelaksanaan tersebut dilakukan dengan duduk atau saling berhadapan antara santri dan guru, sehingga terjalin interaksi belajar dalam bentuk metode bandongan. Evaluasi pembelajaran Kitab Akhlak Li al-Banin di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Surau Tabek Nagari Sungai Asam Kabupaten Padang Pariaman menurut tiga aspek, aspek kognitif menggunakan bentuk tes dengan jenis tes yang dilakaukan adalah tes tulis dan tes lisan, aspek afektif dengan pengamatan guru, serta aspek psikomotor imeplementasi akhlak setelah mempelajari Kitab akhlak Li al- Banin serta keterampilan dalam membaca dan menulis kitab.