Abstract:
Pratiwi Tinara, NIM : 1830111046, Judul Skripsi “Analisis Pembelajaran Membaca Permulaan Kelas 1 pada Masa Pandemi covid-19 di UPT SDN 21 Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar”, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar 2022. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah masa pandemi covid-19 yang mengakibatkan sistem pembelajaran menjadi belajar dari rumah (BDR) membuat pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan tidak berjalan dengan baik di UPT SDN 21 Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar. Namun hasil belajar/ kemampuan siswa dalam membaca terdapat 16 siswa yang telah bisa membaca setelah pembelajaran daring ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran membaca permulaan kelas 1 pada masa pandemi covid-19 di UPT SDN 21 Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang terdiri dari guru dan kepala sekolah dan sumber data sekunder yakninya dokumentasi dan RPP. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan melakukan observasi dan wawancara. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran membaca permulaan meliputi pembuatan RPP dan persiapan sumber belajar yang digunakan guru dalam BDR sudah sesuai dengan komponen silabus dalam pembelajaran membaca permulaan. Pada RPP, guru mempersiapkannya sehari sebelum memulai mempelajarannya agar guru bisa mengulang kembali apa yang akan dipelajari dalam RPP yang telah dibuat. 2) Pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan menggunakan media aplikasi whatsApp, membuat grup whatsApp, belajar menggunakan aplikasi Google zoom meeting dan youtube. Bagi siswa yang tidak memiliki handphone android, siswa datang ke sekolah untuk mengantar dan mengambil tugasnya. dengan menggunakan metode tersebut terdapat 16 siswa yang mampu membaca dikarenakan siswa tersebut pernah menempuh Taman Kanak-kanak (TK) yang mana pernah diajarkan tahap membaca, tetapi juga terdapat 6 siswa yang belum bisa membaca dan pada saat ini sudah mulai bisa membaca. 3) Evaluasi pembelajaran membaca permulaan dengan cara praktek membaca setiap siswa dalam 5-6 kalimat dan guru mendengarkan siswa membaca agar bisa mengetahui yang mana siswa yang telah bisa membaca dan belum lancar membaca. dengan menggunakan cara tersebut guru mengetahui siswa yang sudah bisa membaca dan siswa yang belum bisa membaca.