Abstract:
HIDAYATI, NIM: 1830101058 skripsi berjudul “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS MATERI HAKIKAT PENCIPTAAN MANUSIA KELAS XI MAN 2 PAYAKUMBUH”, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar. Penelitian ini didasari oleh permasalahan di MAN 2 Payakumbuh yaitu kurangnya pemanfaatan media pembelajaran untuk peserta didik yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an Hadis. Adapun media yang digunakan dalam pembelajaran di sekolah yaitu media gambar dimana media gambar ini memiliki kekurang yaitu gambar hanya menekankan persepsi indra mata, ukuran yang amat terbatas untuk grup besar dan gambar benda yang terlalu kompliks kurang efektif buat gerakan pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan kurang mendukung peran aktif dari peserta didik, sehingga peserta didik cendrung pasif dan kurang fokus dalam memahami materi. Salah satu cara untuk mengatasi kondisi diatas adalah dengan mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif agar dapat mendukung keaktifan peserta didik dalam pembelajaran yang dilakukannya. Salah satunya yaitu Articulate Storyline. Karena media interaktif Articulate Storyline ini dapat membuat peserta didik menjadi lebih termotivasi, aktif dan memudahkan dalam memahami materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian pengembangan R & D (Research and Development). Adapun rancangan dari pengembangan ini hanya sampai 3 tahap saja dikarnakan diperlukan waktu yang lama. Rancangan ini terdiri dari yaitu “ tahap ppendefenisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (develop)”. Pada tahap pendefenisian peneliti melakukan observasi dan wawancara kepada pendidik dan peserta didik untuk mendapatkan gambaran dari permasalahan yang ada dalam pembelajaran. Pada tahap ini dilakukan wawancara dengan pendidik, menganalisis karakteristik peserta didik, media literature, dan tujuan pembelajaran. Tahap perancangan peneliti merancang media interaktif dan instrument penelitian. Tahap pengembangan menghasilkan media interaktif sesuai dengan saran yang telah direvisi oleh validator dalam melihat kevalidan media interaktif Articulate Storyline. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi dan lembar praktikalitas. Berdasarkan hasil dari penelitian bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline Hasil validasi media 89,44% dan hasil dari uji praktikalitas diperoleh 81,14% dengan kategori sangat valid dan kategori sangat praktis