Publikasi IAIN Batusangkar

Pengembangan Modul Berstrategi SQ3R Pada Materi Gerakan Pembaruan Dalam Islam Pada Mata Pelajaran SKI di MAN

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author SITY RAHMA WATI
dc.date.accessioned 2022-09-14T01:57:03Z
dc.date.available 2022-09-14T01:57:03Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-08-22
dc.identifier.isbn NIM:1830101029
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200865
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/batusangkar/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdKnI%2Bod2GcnWGFnRDMutFZMp5%2FwLSmYcd3wnwCN8odb1E7VUuUAkaLuS2%2Bw2p0ujfNZvq32opNpJxIb4LSorzKu3rmdEJNi6CAyW0qNuDhZGlkGDYLL%2B3u2lAntxxh85JeWmjv1fImiBBgTHuKX2oDd9PjxGx2AWM4%3D
dc.description.abstract ABSTRAK Sity Rahma Wati. NIM 1830101029 (2018), Judul Skripsi : “Pengembangan Modul Berstrategi SQ3R Pada Materi Gerakan Pembaruan Dalam Islam Pada Mata Pelajaran SKI di MAN” Jurusan Pendidikan Agama Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah keterbatasan sumber belajar yang digunakan dalam proses pembelajaran. Dalam proses belajar mengajar, siswa hanya memiliki satu buku paket sebagai sumber belajar. Ketersedian buku paket juga terbatas. Hal mendasar juga terdapat pada hasil belajar siswa pada materi gerakan pembaruan dalam Islam tidak ada yang memenuhi KKM. Sehingga diperlukannya sebuah sumber belajar tambahan dan strategi belajar agar tujuan pembelajaran dapat terpenuhi. Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui validitas dan praktikalitas dari pengembangan modul berstrategi SQ3R pada materi gerakan pembaruan dalam Islam pada mata pelajaran SKI di MAN. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yaitu define, design, develop, disseminate. Penelitian ini tidak sampai pada tahap disseminate, karena keterbatasan waktu dan dana yang penulis miliki untuk melihat sejauh mana keterpakaian produk. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas XI Agama 1 MAN 2 Tanah Datar. Prosedur penelitian yang dilakukan adalah tahap define yang meliputi observasi dan wawancara dengan guru SKI, analisis silabus, analisis sumber belajar SKI, review literatur modul dan analisis karakteristik siswa kelas XI MAN 2 Tanah Datar. Tahap design menyiapkan prototipe modul SKI dan instrumen penelitian. Tahap develop dilakukan dengan dua langkah tahap validitas dan tahap praktikalitas. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data yang penulis gunakan adalah menggunakan analisis data kualitatif dan data kuantitatif yang terdiri dari lembar validitas dan lembar praktikalitas. Dari penelitian yang penulis lakukan di lapangan hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran berstrategi SQ3R yang dihasilkan sangat valid dengan nilai kevalidan 93.61% dan rata-rata kepraktisan dengan hasil 93.59% berdasarkan respon angket peserta didik pada kategori sangat praktis, sehingga modul berbasis Survey, Question, Read, Recite and Review (SQ3R) dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher UIN Mahmud Yunus Batusangkar
dc.subject Pendidikan islam
dc.subject.ddc 2X7.3
dc.subject.ddc 2X7.3
dc.title Pengembangan Modul Berstrategi SQ3R Pada Materi Gerakan Pembaruan Dalam Islam Pada Mata Pelajaran SKI di MAN
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku