Abstract:
FAUZIA WULANDARI, NIM 1830101128 Judul Skirpsi “PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PAI BERBASIS KINEMASTER DI SMAN 1 SUNGAI TARAB” Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Mahmud Yunus Batusangkar Tahun 2022, yang terdiri dari 83 halaman. Penelitian ini merancang sebuah permasalahan yaitu guru PAI belum mengvariasikan media pembelajaran tentang tata cara penyelanggaran jenazah. Media yang digunakan oleh guru PAI masih menggunakan papan tulis dan berceramah di depan kelas, serta siswa menggunakan media cetak seperti buku dan lainya. Pada penggunaan media tersebut masih kesulitan siswa dalam memahami materi Tata Cara Penyelangaran Jenazah. Informasi yang peneliti dapat di saat wawancara siswa lebih senang menggunakan media video pembalajaran, karena selain menyenangkan siswa juga tertarik dalam menampilkan video dan membuat siswa bersemangat. peneliti juga bertujuan untuk mengetahui validasi dari produk yang di kembangakan. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengmbangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang dikembangkan dengan empat tahap yaitu : (1) tahap pendefenisian atau difine, (2) tahap perencenaan atau design, (3) tahap pengembangan atau develop, (4) tahap penyebaran hasil produk atau Disseminate. Pada tahapan difine dilakukan wawancara dengan guru PAI, analisis karakter peserta didik SMAN 1 Sungai Tarab, dan analisis media pembelajaran. pada tahap design perancangan video pembalajaran dan pembuatan produk video dengan menggunakan aplikasih kinemaster. Pada taha Develop peneliti melakukan validitas terhadap produk yang di kembangkan dan pada tahapan yang terakhir penyeberana hasil produk yang di kembangkan memberikan hasil kepada sekolah. Berdasarkan uji validasi dan pemberian angket(praktikalitas) pada uji validasi yang di lakukan dengan 3 validator 1 dosen IT, 1 dosen evaluasi dan 1 orang guru mata pelajaran PAI di SMAN 1 Sungai Tarab. Dengan indeks 0,71 dengan kategori valid, sedangkan dari segi praktikalitas yang di lakukan di Sekolah SMAN 1 Sungai Tarab, di lokal kelas XI dengan jumlah sisiwa 10 orang yang mendapatkan indeks 0,60 dengan kategori praktis. Dari hasil uji validasi dan praktikalitas tersebut maka video pembelajran PAI dengan menggunakan aplikasih kinemaster dapat di gunaka dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Video Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, KineMaster