Abstract:
Pia Marinda, NIM. 1830101026, Judul Skripsi” Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Sparkol Videoscribe pada Mata Pelajaran SKI Materi Perkembangan Islam Masa Rasulullah SAW Periode Madinah. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Mahmd Yunus Batusangkar. 2022 Berdasarkan masalah yang ada di MAN 3 Solok diketahui bahwa kelemahan-kelemahan media yang ada dalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran SKI. Pembelajaran hanya menggunakan media papan tulis dan metode ceramah sehingga menyebabkan siswa merasa jenuh dalam pembelajaran dan tidak ada variasi media dalam mengajar. Berdasarkan masalah tersebut maka dikembangkan suatu produk yaitu video pembelajaran menggunakan sparkol videoscribe. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk video pembelajaran menggunakan sparkol videoscribe yang praktis dan valid. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembanganatau R&D (Research And Development). Sedangkan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE, salah satu model pengembangan yang sering digunakan dalam penelitian pengembangan. Prosedur pelaksanaan model ADDIE dilaksanakan dalam lima tahap yaitu: 1 Analyze, 2) Design 3) Develop, 4) Implement, dan 5) Evaluate dengan lembar validasi dan kuisioner sebagai alat pengumpulan data dari 4 validator dan enam orang peserta didik kelas X IPK MAN 3 Solok. Berdasarkan hasil penelitian, pada tahap analyze didapatkan informasi dan gambaran mengenai permasalahan pembelajaran SKI terjadi di lokasi penelitian melalui wawancara dan observasi. Selanjutnya pada tahap design, dilakukan perancangan produk video menggunakan sesuai dengan kebutuhan dari tahap sebelumnya, dan pada tahap design dihasilkan sebuah produk video pembelajaran yang sudah siap untuk dikembangkan dan melalui validasi dari penilaian beberapa validator apakah video tersebut layak untuk dikembangkan atau tidak. Berdasarkan hasil validitas diperoleh nilai 0.830 dengan kategori “Valid” dan penilaian secara umun berada pada kategori “B” dapat digunakan dengan sedikit revisi sehingga video yang dikembangkan, setelah melalui tahap revisi, penelitian dilanjutkan pada tahap implementasi. Video diuji cobakan kepada perwakilan enam orang siswa kelas X IPK MAN 3 Solok untuk uji praktikalitas. Uji praktikalitas yang dilakukan memperoleh nilai 0.792 terkategori “Praktis” selanjutnya pada tahap evaluate, berdasarkan penilaian dan komentar positif yang diberikan oleh peserta didik memungkinkan video pembelajaran siap digunakan dalam skala angka lebih besar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran menggunakan sparkol videoscribe pada mata pelajaran SKI materi perkembangan Islam masa Rasulullah SAW periode Madinah ini layak untuk dikembangkan dan digunakan dalam kegiatan pembelajaran