Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | AMELIA PUTRI | |
dc.date.accessioned | 2022-09-14T01:57:27Z | |
dc.date.available | 2022-09-14T01:57:27Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2022-08-22 | |
dc.identifier.isbn | NIM:1830111004 | |
dc.identifier.isbn | ||
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22200900 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/5AWmemvip00eQYC2bo1kcBK56vkCvXWG.pdf | |
dc.description.abstract | AMELIA PUTRI, NIM 1830111004, judul skripsi “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IV SD NEGERI 13 PADANG PANJANG TIMUR KOTA PADANG PANJANG” jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis pendekatan saintifik yang belum terlaksana secara utuh dan optimal, hal ini terlihat dari permasalahan pembelajaran yang dihadapi oleh guru dan siswa dimana kegiatan belajar berbasis pendekatan saintifik tersebut tidak sepenuhnya terlaksana dengan baik, sehingga proses pembelajaran tematik yang dilaksanakan oleh guru dan siswa terlihat monoton, siswa menjadi mudah bosan dan kurang perhatian dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta mengungkapkan secara mendalam dan terperinci bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dari pembelajaran tematik berbasis pendekatan saintifik pada Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1-6 di kelas IV SD Negeri 13 Padang Panjang Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 13 Padang Panjang Timur dengan sumber data penelitian dari wali kelas IV, siswa kelas IV serta kepala sekolah. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi serta teknik penjamin keabsahan data menggunakan dua macam teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran tematik berbasis pendekatan saintifik dilakukan oleh guru melalui sejumlah tahapan dengan menyusun silabus, menyusun RPP, mempersiapkan buku tematik dan sumber belajar lainnya. Pelaksanaan proses pembelajaran tematik berbasis pendekatan saintifik dilaksanakan oleh guru dan siswa melalui kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Dalam pelaksanaan kegiatan inti dapat menunjukkan hasil bahwa tiga dari lima kegiatan pada pendekatan saintifik yakni kegiatan menanya, mengumpulkan informasi dan mengkomunikasikan sepenuhnya tidak terlaksana dengan baik dan optimal karena masih ditemukan berbagai indikator pada kegiatan belajar berbasis pendekatan saintifik ini yang tidak muncul bahkan tidak terlaksana dalam proses pembelajaran tematik. Evaluasi pembelajaran tematik berbasis pendekatan saintifik dilakukan oleh guru dengan menggunakan penilaian autentik untuk menilai setiap aspek pada siswa yaitu aspek sikap (afektif), aspek pengetahuan (kognitif) dan aspek keterampilan (psikomotorik). Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Pendekatan Saintifik | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | UIN Mahmud Yunus Batusangkar | |
dc.subject | metode belajar | |
dc.subject.ddc | 371.3 | |
dc.subject.ddc | 371.3 | |
dc.title | IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IV SD NEGERI 13 PADANG PANJANG TIMUR KOTA PADANG PANJANG | |
dc.type | Skripsi |