Abstract:
Fadli Juliano. NIM 1730105013. Judul Skripsi: “Pengembangan Handout Materi Segitiga Berbasis Problem Posing Untuk Siswa Kelas VII di MTsS Thawalib Tanjung Limau”. Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus (UIN MY) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah sumber belajar (buku paket) yang digunakan siswa memiliki beberapa kekurangan seperti, ilustrasi yang kurang kreatif serta tidak terdapatnya langkah-langkah pembelajaran pada materi tertentu. Untuk mengatasinya, maka perlu adanya ketersediaan sumber belajar tambahan yang dapat memudahkan proses pembelajaran dan dapat membantu siswa dalam mengikuti pembelajaran lebih terarah dan terfokus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan dari handout materi segitiga berbasis problem posing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancangan penelitian pengembangan terdiri dari 3 tahap yaitu tahap define, tahap design, dan tahap develop. Subjek uji coba penelitian adalah siswa kelas VII di MTsS Thawalib Tanjung Limau. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validasi dan analisis praktikalitas. Hasil validitas handout adalah 75,92 % dengan kategori valid. Sementara hasil praktikalitas handout yang diperoleh dari hasil angket respon peserta didik yaitu 81,72 % dengan kategori sangat praktis.