Publikasi IAIN Batusangkar

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau Dari Gender di Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Batusangkar

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author RIZKY AZIZ
dc.date.accessioned 2022-09-14T01:57:53Z
dc.date.available 2022-09-14T01:57:53Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-08-20
dc.identifier.isbn NIM:1730105047
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22201020
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/2h02ip8DV19V6KSAA2VLpWmUud8TjgFf.pdf
dc.description.abstract RIZKY AZIZ. NIM, 1730105047 judul SKRIPSI “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau Dari Gender di Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Batusangkar”. Jurusan tadris Matematika Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah matematis untuk kategori soal HOTS. Namun pada kenyataannya proses pemecahan masalah matematis yang dimiliki peseta didik rata-rata masih rendah. Proses pemecahan masalah setiap peserta didik berbeda-beda, hal tersebut dipengaruhi oleh gender dari peserta didik itu sendiri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki peserta didik dari masing-masing gender dalam menyelesaikan soal HOTS. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan metode komparatif dan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Batusangkar sebanyak 75 orang dan sampel yaitu kelas XI MIPA 3 sebanyak 22 orang. Pemilian sampel dilakukan dengan purposive sampling karena kelas ini sebaran peserta didik laki-laki dan perempuan merata, yaitu 11 orag laki-laki dan 11 orang perempuan. Dari kelas tersebut akan dianalisis 2 orang peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi, 2 orang peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah matematis sedang, dan 2 orang peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah matematis rendah. Masing-masing kategori kemampuan pemecahan masalah terdiri dari 1 orang peserta didik laki-laki dan 1 orang peserta didik perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik tes yang dilakukan pada materi turunan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis secara statistik deskriptif dan secara statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara umum terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan soal HOTS. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari rata-rata nilai dari peserta didik laki-laki dan perempuan. Peserta didik laki-laki memiliki rata-rata 66,49 dan peserta didik perempuan 67,83. (2) Setelah dilakukan uji statistik ditemukan hasil perhitungan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak, jadi dengan hasil tersebut dikatakan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan dalam menyelesaikan soal HOTS.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher UIN Mahmud Yunus Batusangkar
dc.subject Matematika Pendidikan
dc.subject.ddc 510.07
dc.subject.ddc 510.07
dc.title Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau Dari Gender di Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Batusangkar
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku