Abstract:
Alda Aldelina. NIM 1830105001. Judul Skripsi: “Pengembangan LKPD Berbasis Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik di MTsN 2 Sawahlunto”. Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di MTsN 2 Sawahlunto, sumber belajar yang digunakan saat pembelajaran belum terdapat contoh soal yang dapat meningkatkan kamampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Untuk mengatasinya, maka perlu adanya ketersediaan sumber belajar yang dapat menunjang dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa LKPD berbasis process oriented guided inquiry learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang valid, praktis dan efektif. Tujuan penelitian secara khusus adalah untuk memperoleh sebuah data, apakah LKPD yang dihasilkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancangan penelitian pengembangan terdiri dari 3 tahap yaitu (1) tahap define, dilakukan untuk mendapatkan gambaran kondisi di lapangan, dalam tahap ini dilakukan observasi dan wawancara dengan guru, analisis silabus dan RPP, analisis sumber belajar, analisis karakteristik peserta didik, serta analisis literatur tentang LKPD berbasis process oriented guided inquiry learning, (2) tahap design, digunakan untuk merancang design LKPD. Hasil dari tahap design dilanjutkan dengan (3) tahap develop, digunakan untuk melihat validitas, praktikalitas dan efektivitas dari LKPD berbasis process oriented guided inquiry learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket respon peserta didik, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan untuk mengemukakan hasil penelitian diantaranya analisis validitas, analisis praktikalitas dan analisis efektivitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa LKPD berbasis process oriented guided inquiry learning yang dirancang telah valid, praktis dan efektif. Hasil validitas LKPD adalah 70,40% dengan kategori valid. Sementara hasil praktikalitas LKPD yang diperoleh dari hasil angket respon peserta didik yaitu 84,56% dengan kategori sangat praktis. Kemudian hasil efektifitas LKPD berbasis process oriented guided inquiry learning terlihat pada ketuntasan klasikal peserta didik kelas VII.D dengan persentase 88% dengan kategori sangat efektif.