Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | ANDRE ELVIS YANTO | |
dc.date.accessioned | 2022-09-14T01:58:16Z | |
dc.date.available | 2022-09-14T01:58:16Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2022-08-19 | |
dc.identifier.isbn | NIM:1830105002 | |
dc.identifier.isbn | ||
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22201028 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/9Sj9v0ROJuTk7h69b7TSzxmiBr6pMx4.pdf | |
dc.description.abstract | ANDRE ELVIS YANTO. NIM, 1830105002 judul SKRIPSI “Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Berdasarkan Kriteria Kastolan Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP IT Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh”. Jurusan Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar. Analisis kesalahan peserta didik merupakan salah satu kegiatan yang penting dilakukan untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap materi. Berdasarkan data di lapangan menunjukkan bahwa peserta didik kelas VIII SMP IT Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan peserta didik berdasarkan kriteria Kastolan dan karakteristik dalam melakukan kesalahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratif kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII 1 dan VIII 4 SMP IT Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh yang berjumlah 43 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes dan wawancara. Instrumen penelitian berupa tes soal aljabar tentang Pola Bilangan dan pedoman wawancara. Selanjutanya dilakukan wawancara mendalam terhadap 8 orang peserta didik yang mewakili tiap-tiap kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik penjamin keabsahan data adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik secara umum berdasarkan kriteria kastolan adalah (1) kesalahan konseptual sebesar 40%, (2) kesalahan prosedural sebanyak 55% dan (3) kesalahan teknikal sebanyak 5%. Sedangkan berdasarkan kemampuan peserta didik kelompok rendah, sedang dan tinggi paling banyak melakukan kesalahan prosedural dengan presentase kesalahan sebesar 52%, 58% dan 52%. Karakteristik dalam melakukan kesalahan kesalahan yaitu: (a) kesalahan menentukan rumus, (b) penggunaan rumus belum sesuai, (c) penentuan nilai variabel belum benar, (d) tidak menuliskan rumus, (e) langkah yang melompat, (f) manipulasi langkah belum benar, (g) tidak membuat kesimpulan, (h) kesalahan menghitung nilai operasi, (i) kesalahan manipulasi aljabar.. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | UIN Mahmud Yunus Batusangkar | |
dc.subject | matematika | |
dc.subject.ddc | 510 | |
dc.subject.ddc | 510 | |
dc.title | Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Berdasarkan Kriteria Kastolan Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP IT Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh | |
dc.type | Skripsi |