Publikasi IAIN Batusangkar

Penerapan Model Synectics, Mind Maps, Cooperative Learning (SM2CL) Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Peserta Didik Kelas XI Mata Pelajaran Biologi Di SMAN 2 Batusangkar

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author PUTRI HANDAYANI
dc.date.accessioned 2022-09-14T01:58:23Z
dc.date.available 2022-09-14T01:58:23Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-08-19
dc.identifier.isbn NIM:1830106041
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200961
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/K0wQ4t6Ubt5zLFovAvcypvsfmh8BA.pdf
dc.description.abstract ABSTRAK Putri Handayani, NIM 1830106041, Judul Skripsi “Penerapan Model Synectics, Mind Maps, Cooperative Learning (SM2CL) Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Peserta Didik Kelas XI Mata Pelajaran Biologi Di SMAN 2 Batusangkar”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar 2022. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar biologi dan kurangnya motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran biologi. Hal ini disebabkan guru selalu memakai model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran. Model pembelajaran konvensional juga membuat guru mengajarkan materi dengan satu cara saja, sehingga peserta didik tidak dapat belajar sesuai dengan kepribadiannya. Akibat permasalahan tersebut membuat hasil belajar peserta didik rendah dan pembelajaran tidak berlangsung efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar dengan menerapkan model synectics, mind maps, cooperative learning (SM2CL) lebih baik dari pada hasil belajar biologi peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran biologi kelas XI SMAN 2 Batusangkar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasy Experimental yang dilaksanakan pada semester genap tahun 2021/2022. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan rancangan posttest only control group design dengan instrumen berupa tes dalam bentuk essay yang diolah secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar biologi peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran synectics, mind maps, cooperative learning (SM2CL) lebih baik dari hasil belajar biologi peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran konvensional yang dibuktikan dari uji hipotesis yaitu thitung > ttabel 7,03 > 1,7171 yang membuat hipotesis diterima. Hal ini juga dibuktikan dari nilai rata-rata kelas eksperimen 89 dan nilai rata-rata kelas kontrol 79,82%. Jadi, model pembelajaran synectics, mind maps, cooperative learning (SM2CL dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik dan dapat diterapkan pada materi biologi lainnya. Key Word: Synectics, Mind Maps, Cooperative Learning (SM2CL), Hasil Belajar, Motivasi Peserta Didik, Pembelajaran Biologi
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher UIN Mahmud Yunus Batusangkar
dc.subject biologi pendidikan
dc.subject.ddc 574.07
dc.subject.ddc 574.07
dc.title Penerapan Model Synectics, Mind Maps, Cooperative Learning (SM2CL) Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Peserta Didik Kelas XI Mata Pelajaran Biologi Di SMAN 2 Batusangkar
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku