Abstract:
Penelitian ini didasarkan pada kurangnya bahan ajar yang bervariasi pada saat pembelajaran, sehingga dapat berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Bahan ajar yang berupa buku saku berbasis mind mapping dirasa perlu dikembangkan untuk dijadikan sumber belajar dan pegangan oleh peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan Buku Saku Kimia Berbasis Mind Mapping pada Materi Laju Reaksi Kela XI MIPA SMAN 1 Candung yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development dengan model pengembangan 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Tetapi tahapan pada penelitian dengan model 4-D ini hanya dilakukan dari tahap pertama hingga ketiga, yaitu: 1) tahap define, dilakukan untuk mendapatkan gambaran kondisi di lapangan, 2) tahap design, dilakukan untuk menyiapkan buku saku awal berbasis mind mapping pada materi laju reaksi, dan 3) tahap develop, hasil dari buku saku awal yang dirancang dilanjutkan pada uji validitas dan praktikalitas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validitas dan lembar angket respon. Lembar validitas diisi oleh 2 orang dosen Kimia dan 1 orang pendidik Kimia. Lembar angket respon diisi oleh 18 peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Candung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) buku saku kimia berbasis mind mapping sudah memenuhi kriteria valid dengan hasil validasi yang diperoleh 79,32%, 2) buku saku kimia berbasis mind mapping sudah memenuhi kriteria praktis dengan hasil angket respon peserta didik 85,67%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku saku kimia yang dikembangkan dapat dijadikan salah satu sumber belajar bagi peserta didik.